Komisi II DPR Ingin Pemilu 2024 Lebih Berkualitas

Laporan: Juven Martua Sitompul
Rabu, 07 Juni 2023 | 10:00 WIB
Ahmad Doli Kurnia (Sinpo.id/Golkarpedia)
Ahmad Doli Kurnia (Sinpo.id/Golkarpedia)

SinPo.id -  Komisi II DPR RI berharap kesiapan pelaksanaan pemilu 2024 berjalan dengan baik. Sehingga, pesta demokrasi lima tahunan itu lebih berkualitas daripada tahun sebelumnya.

"Kami mempunyai kepentingan untuk memastikan bahwa kesiapan pemilu prosesnya berjalan dengan baik, sehingga kita bisa berharap pemilu 2024 lebih berkualitas daripada tahun sebelumnya," kata Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Doli Kurnia Tandjung kepada wartawan, Jakarta, Rabu, 7 Juni 2023.

Doli mengatakan jika Komisi II akan memastikan berbagai kesiapan tahapan Pemilu 2024. Salah satunya, tahapan validisasi daftar pemilih.

"Salah satu yang ingin kita (Komisi II) pastikan sampai hari ini, penyelenggara pemilu sudah menyelesaikan berbagai tahapan. Termasuk, melakukan tahapan validisasi daftar pemilih," kata dia.

Politikus Partai Golkar itu mengamini jika tahapan validisasi daftar pemilih menjadi hal yang paling dipelototi Komisi II. Alasannya, pengelolaan data kependudukan berada di pemerintah sehingga perlu koordinasi bagi penyelenggara untuk penyesuaian data kependudukan yang masih tanggung jawab disdukcapil. 

"Setiap Pemilu diselenggarakan, salah satu isu yang mengemuka adalah persoalan daftar pemilih. Kadang-kadang juga bisa menimbulkan masalah tersendiri, kalau terjadi sengketa antara satu partai dengan partai lain dan juga satu caleg dengan caleg yang lain. Karna tidak adanya sinkronisasi antara data kependudukan dari institusi tertentu dengan institusi yang lain," ucap dia.sinpo

Komentar: