Rudal Balistik Hipersonik Buatan Iran Tingkatkan Kekhawatiran Barat

Laporan: Galuh Ratnatika
Rabu, 07 Juni 2023 | 10:40 WIB
Rudal balistik milik Iran (Sinpo.id/AP)
Rudal balistik milik Iran (Sinpo.id/AP)

SinPo.id -  Pengumuman Iran terkait dengan rudal balistik hipersonik pertamanya, telah meningkatkan ketegangan di Barat. Pasalnya, rudal yang diberi nama Fattah tersebut memiliki kemampuan yang luar biasa.

“Rudal hipersonik Fattah berpemandu presisi memiliki jangkauan 1.400 kilometer dan mampu menembus semua perisai pertahanan,” kata Amirali Hajizadeh, kepala pasukan kedirgantaraan Garda Iran, Amirali Hajizadeh, dikutip dari ABC, Rabu 7 Juni 2023.

Menurutnya, rudal hipersonik dapat terbang setidaknya lima kali kecepatan suara, bahkan pada lintasan yang rumit, yang membuatnya sulit untuk dicegat. Terlebih rudal balistik hipersonik juga dapat bermanuver masuk dan keluar dari atmosfer.

“Itu dapat melewati sistem rudal anti-balistik paling canggih dari Amerika Serikat dan rezim Zionis, termasuk Iron Dome Israel. Karena kecepatan tertinggi Fattah mencapai tingkat mach 14 atau 15.000 km per jam," imbuhnya.

Meski demikian, analis militer Barat mengatakan Iran terkadang melebih-lebihkan kemampuan misilnya. Kemudian Israel juga menyebut Iran membual tentang senjata rudal mereka.

“Kami mendengar musuh kami membual tentang senjata yang mereka kembangkan. Terhadap perkembangan semacam itu, kami memiliki respons yang lebih baik apakah itu di darat, di udara, atau di arena maritim, termasuk sarana defensif dan ofensif," kata Menteri Pertahanan Israel, Yoav Gallant.sinpo

Komentar: