BMKG: Belum Ada Laporan Kerusakan Akibat Gempa di Pacitan

Laporan: Tim Redaksi
Kamis, 08 Juni 2023 | 01:00 WIB
Ilustrasi gempa
Ilustrasi gempa

SinPo.id -  Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Daryono mengatakan belum ada laporan kerusakan akibat gempa di Pacitan. Pada Kamis 8 Juni 2023 dini hari terjadi dua kali gempa bumi di Pacitan. Gempa bumi itu terasa sampai Daerah Istimewa Yogyakarta. 

"Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut," kata dia pada Kamis 8 Juni 2023.

Gempa pertama magnitudo 6,1 terjadi di Barat Daya Pacitan  Lok:9.15LS, 110.69B pada kedalaman 10 kilometer pada Kamis 8 Juni 2023 pukul 00.04 WIB. Gempa kedua M 4,6 terjadi pukul 00.04 WIB. Gempat ketiga dengan kekuatan M 3,5 terjadi di Pacitan pada pukul 00.21 WIB. 

Gempa ini dirasakan di Yogyakarta hingga Ponorogo. kekuaran gempa MMI V di Yogyakarta. Sedangkan, di Ponorogo berkekuatan MMI IV. Kekuatan MMI V artinya getaran dirasakan oleh hampir semua penduduk, orang banyak terbangun, gerabah pecah, barang-barang terpelanting, tiang-tiang dan barang besar tampak bergoyang, bandul lonceng dapat berhenti. Sedangkan kekuatan MMI IV, pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah, di luar oleh beberapa orang, gerabah pecah, jendela/pintu berderik dan dinding berbunyi.

Daryono memastikan gempa tak berpotensi tsunami. "Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami," tambahnyasinpo

Komentar: