Koran Sin Po 6 Juni 1931

Sang Koeriang.

Dongengan Oedipus dari orang Soenda.

Laporan: Sinpo
Kamis, 08 Juni 2023 | 07:49 WIB
Koran Sin Po 6 Juni 1931 (Monash University/SinPo.id)
Koran Sin Po 6 Juni 1931 (Monash University/SinPo.id)

TJERITA Oedipus jang menikah dengen ibcenja sendiri ada sala satoe tjerita jang paling terkenal dari bangsa Griek. Radja Oedipus ada poetra dari Laios (radja dari Thebe) dan Jokast.e; achlinoedjoem (orakel) bilang- ini poetra aken boenoe ajajinja sendiri dan menikah dengen iboenja.

Lantaran ini Oedipus waktoe baros terlahir diboewang, tapi ada jang poengoet dan piara di Korinthe. Koetika besar dan lagi maoe pergi ka Thebe ia boenoe ajahnja sendiri zonder taoe ini orang ada ajahnja.

Di tengah perdjalanan ia katemoeken Sphinx jang kasi badean orang Soenda pada sasoeatoe orang jang liwat siapa jang tida bisa tebak lantas ditelan.

Oedipus beroentoeng bisa Tebak Sphinx poenja tebakan, hingga ini Sphinx boewang diri ka djoerang dan Oedipus dapet gandjaran, jalah boleh menikah dengen djanda radja Laios, jalah.......... iboenja sendiri.

Oedipus menikah dengen iboenja zender ia dan sang iboe mendeesin bahoea marika ada iboe dan anak; dari ini pernikahan haram jang' tida disenadja dilahirken doea poetra (Eteokles dan Polyneibes) dan doea poetri (Antigone dan Ismene). Koetika di kota Thebe berdjangkit pest, orang meliatin pada orakel dan orakel boeka semoea resia.

Koetika dapet taoe ia nienikah déhgen iboe sendiri Oedipus lantas boetaken matanja sendiri dan iboenja gantoeng diri. Oedipus dioesir dari Thebe 'dan ini radja jang bertjilaka djalan terlO'S-nta - loenta dengen dipimpin oleh anak pramipoeannja Antigone.

Oedipus jang moesti djalanken pengidoepan se'faagi pengemis pengabisan mati dalem oetan dari Eumeniden (dewi-dewi pembalesan) di Athene. Ini dongengan dari anak jang menikah dengen iboenja zonder merasa ada timpalannja dalem dongengan Soenda, jalah dongengan Sang Koeriang.

Di djeman poerbakala Sultan Galoe mempoenjai poetri jang eilok jang soengkan menikah, jalah poetri Dajang Soembi. Djoega sultan dari Bawerna waktoe melamar telah ditolak; tida lama lagi ini poetri linjap dengen mendadak dengen ia poenja andjing memboeroe jang disajang.

Ditjari bagimana poen, ini poetri tida bisa dikatemoeken kombali sampe liwat anem taon. Sakoenjoeng-koenjoeng ia balik poelang dengen bawa satoe poetra jang doedoek diatas andjing. Ini postra bernama Sang Koeriang.

Sang poetri tida maoe kasi taoe siapa ada ajahnja ini anak dan ketika Sang Koeriang soeda men-djadi bssar clan antjem aken tikem dirinja sendiri dengen kris, kaloe iboenja tida maoe kasi ia taoe siapa sabetoelnjiai ia poenja ajah, poetri Dajang Soembi baroe maoe boeka resia dan bisikin di koeping’nja si idjedjaka siapa adanja ia poenja ajah.

Apa jang ini poetri bisikin tida ketaoean, tapi Sang Koeriang keliatan mendjadi moerka dan pergi ka oetan dengen idiikoetin oleh andjing j.a.ng doelos anter poetri Dajang Soembi minggat..........

Tida lama lagi ini andjing' setia kadapetan soeda mati ditikem dengen kris oleh Sang Koeriang dalem oetan. Sedari itoe koetika Sang Koeriang teroes mengilang.

Lantaran sedih dan soesa hati poetri Dajiang Soembi ambil poetoesan boeat tinggalken ini doenia jang fana dan bertapa di oetan besar. Pada soeatoe hari dalem iapoenja tapahan dateng saorang jang menoempang; ini orang asing djadi djato tjinta pada poetri terseboet jang roepanja djoega ketarik oleh itoe tetamo-e.

Setjara kabetoelan poetri Dajang Soembi dapet oesap satoe tanda bekas loeka di kapaLanja iapoenja tetamoe dan ini bikin mendjadi kaget, sebab itoe tanda di bawah ramboet ada tanda dari anaknja sendiri jalah Sang Koeriang- jang linjap!

Boeat boeka resia ia soengkan sebab seperti soeda katelandjoeran dan dari itoe ia tjari akal boeat oeroengken marika poenja niatan menikah.

Poetri Dajang Soembi bilang pada Sang Koeriang, ia haroe maoe djadi istrinja betoel-betoel, kaloe ia bisa bikin, telaga jiang terisi dengen aer kali Tjitaroen dengen lantas dan djoega bikin praoe besar di itoe mailem djoega pranti plesir di telaga jang baroe djadi.

Sang Koeriang minta sedikit tempo dan pada satoe m'alem orang liat boemi seperti idoep. Boekit-bo:ekit pada tergeser, kilap sabentar-bentar menj amber dan di tengah kali timboel bendoengan besar dan satoe telaga baroe moentjoei dengen aer jang gilang-goemilang di bawah sinarnja boelan,.

Poetri Dajang Soembi mendjadi poetjet sebab tida njana Sang Koeriang bisa lakoeken itoe dan ia soengkan pegang djandji boeat mendjadi istri dari anak ssndiri. Dari itoe ia berdoa minta, toeloengan dan Brahma di langit prentah iapoenja penggawa Batara Goeroe jang naek boeroeng- garoeda boeat samperin sang poetri dalem iapoenja doeka dan poetoes harepan.

Praoe jang Sang Koeriang bikin sosda ampir rampoeng; ini praoe besar masi tengkoeroep, tapi lagi sedikit papan soeda tjoekoep boeat Tosari bikin itoe praoe bisa digoenaken.

Poetri Dajang Soembi dapet barang wasiat dari Batara Goeroe boea.t bikin meledak bendoengan kali Tjitaroem dan boeat bikin gagal Sang Koeriang poenja kerdjahan. Itoe bendoengan betoel sadja meledak dan poetri Dajang Soembi dan Sang Koeriang doea – doea ilang kasapo aer.

Goenoeng Tangkoeban Praoe ada bekasnja itoe praoe jang ampir rampoeng; goenoeng Boekittoeng goel ada bekasnja poehoen jang disamber kilap waktoe Sang Koeï'iang kerdja dan goenoeng Boerangrang ada bekas potongan kajoe ke'fcjil dari Sang Koeriang poenja tempat bikin praoe.

Bendcengan di kali Tjitai'oem poen masi katinggalan dalem nama kcta Bandoeng dan satoe tempat plesir dekst Bandoeng jang sering dikoendjoengin sampe sekarang masi terkenal sebagi Sangkoeriang.

 sinpo

Komentar:
BERITALAINNYA
Koran Sin Po 21 April 1928, (Monash University/sinpo.id)
Tiongkok dan Barat.
Minggu, 21 April 2024
Koran Sin Po 30 Maret 1929 (Monahs University/SinPo.id)
Unificatie ka atas atawa ka bawah?
Sabtu, 30 Maret 2024
Koran Sin Po, 24 Maret 1928, (Monash University/SinPo.id)
Organisatie Tionghoa.
Minggu, 24 Maret 2024
Koran Sin Po 20 Maret 1926 (Monash University/SinPo.id)
“Bandjir besar di Brebes,”
Rabu, 20 Maret 2024
Koran Sin Po, 3 Maret 1928 (Monash University/SinPo.id)
Sifat nationaal dari sekola.
Minggu, 03 Maret 2024
Koran Sin Po, 19 Februrai 1927 (Monash University/SinPo.id)
Psychology dari Inggris.
Senin, 19 Februari 2024