Jokowi Berharap Negosiasi Perbatasan RI-Malaysia Rampung di 2024

Laporan: Khaerul Anam
Kamis, 08 Juni 2023 | 16:46 WIB
Presiden Joko Widodo di Malaysia (SinPo.id/Setkab)
Presiden Joko Widodo di Malaysia (SinPo.id/Setkab)

SinPo.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) berharap negosiasi soal perbatasan Indonesia-Malaysia dapat selesai pada masa kepemimpinannya dan kepemimpinan Perdana Menteri (PM) Malaysia Anwar Ibrahim.

“Saya juga berharap negosiasi perbatasan lainnya termasuk di darat, Sebatik, kemudian Sinapad, juga bisa segera diselesaikan, mumpung Perdana Menterinya masih Dato Seri Anwar Ibrahim dan di Indonesia Presidennya masih Jokowi,” kata Jokowi saat konferensi pers di Malaysia, Kamis 8 Juni 2023.

Jokowi menyambut baik sejumlah negosiasi perbatasan yang telah tercapai antara lain negosiasi batas laut teritorial di Laut Sulawesi dan di Selat Malaka bagian selatan. Negosiasi tersebut dapat tercapai setelah berjalan selama 18 tahun.

“Setelah 18 tahun proses negosiasi, bisa diselesaikan, ini alhamdulillah, berkat Perdana Menteri Seri Anwar Ibrahim yang bekerja cepat dibantu para menteri,” ujarnya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga menyambut baik penyelesaian nota kesepahaman untuk border crossing agreement, border trade agreement, serta kerjasama lain yaitu sertifikasi halal dan promosi investasi.

Sementara itu, PM Malaysia Anwar Ibrahim mengatakan perundingan yang dilakukan antara Malaysia dengan Indonesia adalah sebagai dua keluarga atau sahabat.

“Ini terbukti dalam sejarah hubungan dua negara, peningkatan kerja sama dan kesepahaman dalam masa singkat ini luar biasa,” ujar Anwar.

Beberapa kerja sama yang telah dilakukan di antaranya yaitu kepolisian Malaysia dengan kepolisian Indonesia serta kerja sama Menteri Pertahanan RI-Malaysia, yang telah mencapai tahap yang sangat membanggakan.sinpo

Komentar: