AHY Masuk Radar Cawapres PDIP, Hanura: Mbak Puan Hanya Guyon

Laporan: Juven Martua Sitompul
Kamis, 08 Juni 2023 | 16:58 WIB
Waketum Partai Hanura Benny Rhamdani (SinPo.id/ Dok. Hanura)
Waketum Partai Hanura Benny Rhamdani (SinPo.id/ Dok. Hanura)

SinPo.id - Pernyataan Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Puan Maharani yang menyebut Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) masuk dalam salah satu bakal calon wakil presiden (cawapres) mendampingi Ganjar Pranowo dinilai hanya sekadar guyon.

"Ya, saya yakin Mbak Puan isenglah. Enggak mungkinlah AHY dipasangkan dengan Pak Ganjar," kata Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Hanura Benny Rhamdani saat dihubungi, Jakarta, Kami, 8 Juni 2023.

Benny bahkan menilai pernyataan Puan Maharani yang menyebut AHY masuk menjadi salah satu dari 10 nama untuk dipertimbangkan mendampingi bakal calon presiden (capres) Ganjar itu bukan hal yang bakal serius dibahas di internal PDIP.

"Tapi, kalau Mbak Puan menyebut Mas (AHY), itu isenglah, guyonlah," kata dia.

Menurut dia, penentuan figur bakal cawapres untuk Ganjar akan ditentukan oleh PDIP bersama dengan partai politik (parpol) lain pendukung Ganjar pada Pilpres 2024.

"Pasti akan duduk bersama partai koalisi pendukung Pak Ganjar, karena enggak mungkin hanya ditentukan oleh salah satu partai yang berkoalisi," ucap dia.

Benny pun tak menampik bila Hanura memiliki keinginan untuk mengusulkan nama kepada PDI Perjuangan yang dapat dipertimbangkan untuk berduet dengan Ganjar.

"Keinginan proposal pasti ada. Misalnya, PAN kemarin mengusulkan Pak Erick (Thohir), Hanura misalnya nanti siapa. Mungkin juga bisa Pak Erick, mungkin, atau Pak Mahfud MD, mungkin," kata dia.

Namun, Benny mengamini keinginan untuk menyodorkan nama tersebut belum dilakukan karena Partai Hanura menyerahkan hal tersebut kepada Ketua Umum DPP Partai Hanura Oesman Sapta Odang (OSO).

"Belum, karena kami menyerahkan semua pada ketua umum," katanya.

Sebelumnya, Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani membeberkan sejumlah nama yang dipertimbangkan sebagai kandidat bakal cawapres untuk mendampingi Ganjar Pranowo.

Sejumlah nama calon bakal pendamping Ganjar itu ialah Menkopolhukam Mahfud MD, Menteri BUMN Erick Thohir, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Menparekraf Sandiaga Uno, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), dan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto.

"Kalau boleh saya sebutkan, yang ada di media ada Pak Mahfud, sudah masuk namanya. Pak Erick Thohir, Pak Ridwan Kamil, Pak Sandiaga Uno, Pak AHY, sopo (siapa) lagi Mas? Pak Airlangga. Nama-nama itu, ya, masuk dalam peta yang ada di PDI Perjuangan," kata Puan dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) III PDI Perjuangan di Jakarta beberapa waktu lalu.sinpo

Komentar: