KRIMINAL

Sindikat Pemalsu Oli Produksi 312 Ribu Botol dalam Sehari

Laporan: Tim Redaksi
Jumat, 09 Juni 2023 | 02:37 WIB
Ilustrasi oli palsu. /Pixabay/Vacho
Ilustrasi oli palsu. /Pixabay/Vacho

SinPo.id -  Sindikat pemalsu oli kendaraan motor dan mobil bisa memproduksi 312 ribu botol oli palsu selama sehari. Hal ini terungkap setelag Bareskrim Polri mengungkap 9 pabrik di Gresik dan Sidoarjo, Jawa Timur.

“Dalam 1 hari mereka dapat memproduksi sebanyak 500 karton. Dalam satu karton terdapat 24 botol, yang berisi 0,8 liter jadi kurang lebih dalam satu hari memproduksi 312 ribu botol,” ujar Kasubdit I Dittipidter Bareskrim Polri Kombes Pol Indra Lutrianto Amstoni dalam jumpa pers pada Kamis 8 Juni 2023.

Bareskrim Polri menangkap dan menetapkan lima orang sebagai tersangka. Mereka yaitu AH, AK, FN yang berperan sebagai pemilik usaha, serta AL alias Tom dan AW alias Jerry yang berperan di bagian operasional. Para pelaku memproduksi sendiri seluruh oli palsu dari bahan mentah hingga dikemas menggunakan kabel merek ternama.

“Untuk pemasarannya tadi ini sampai hampir ke seluruh Indonesia, kemudian untuk omzet yang cukup besar ini tidak dilakukan secara online, jadi ini ada distribusi dari para toko-toko atau distributor yang ada di wilayah-wilayah,” tambahnya.sinpo

Komentar: