Cak Imin Minta Satgas TPPO Ungkap Modus Perdagangan Manusia

Laporan: Tim Redaksi
Jumat, 09 Juni 2023 | 07:33 WIB
Ilustrasi/pixabay
Ilustrasi/pixabay

SinPo.id -  Wakil Ketua DPR RI Bidang Koordinator Kesejahteraan Rakyat (Korkesra) Abdul Muhaimin Iskandar meminta Satuan Tugas Tindak Pidana Perdagangan Orang (Satgas TPPO) mengungkap modus-modus pengiriman korban TPPO ke negara tujuan. Dia mendukung langkah Polri yang membentuk  sebagai tindak lanjut dalam memberantas oknum pelindung dan sindikat maupun jaringan TPPO.

"Oh iya bagus, (Polri membentuk Satgas TPPO). Polri saya kira merespon kasus TPPO ini dengan cepat. Tinggal bagaimana implementasinya nanti kita harapkan bisa maksimal," ujarnya pada Kamis 8 Juni 2023. 

Melalui Satgas TPPO, kata dia, dapat diberantas sindikat jaringan TPPO. Dia mendorong Satgas TPPO bekerja sama dengan TNI, Polri dan aparat penegak hukum lainnya untuk meningkatkan pengawasan terhadap potensi pengiriman korban TPPO melalui jalur darat, laut, maupun udara.

"Pemetaan potensi wilayah rawan dan rentan pengiriman korban TPPO terutama di daerah perbatasan perlu dilakukan. Apalagi sekarang modus operandi TPPO juga semakin beragam, jadi perlu terobosan penanganan," tutur Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Di kesempatan itu, dia mengimbau masyarakat untuk proaktif membantu Satgas jika menemukan dugaan praktik TPPO. Menurut dia, aparat tidak bisa bekerja sendiri.

"Proaktif masyarakat saya kira juga perlu untuk bersama-sama memberantas TPPO. Jangan sungkan melaporkan kepada aparat penegak hukum kalau ada informasi soal TPPO di lingkungan terdekat," tambahnyasinpo

Komentar: