Pemprov DKI Bahas Kebijakan Transjakarta Rute Bandara Soetta

Laporan: Khaerul Anam
Jumat, 09 Juni 2023 | 13:42 WIB
Bus TransJakarta (Sinpo.id/TransJakarta)
Bus TransJakarta (Sinpo.id/TransJakarta)

SinPo.id -  Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berencana membuka rute Transjakarta ke kawasan Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) Tangerang, Banten. Rencananya, layanan tersebut diperuntukan bagi karyawan di Bandara Soetta.

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono mengatakan rencana layanan tersebut saat ini masih di bahas oleh Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta. 

"Lagi dibahas di Dinas (Perhubungan), dan sementara tidak untuk umum, dan hanya untuk pegawai (bandara) yang mau pulang malam hari," kata Heru dalam keterangannya yang diterima, Jumat 9 Juni 2023.

Mantan Walikota Jakarta Utara itu menjelaskan, rencana penambahan rute baru menuju landasan Internaaional tersebut saat ini sedang dalam tahap uji coba. 

Selain itu, di Bandara Soetta saat ini juga sudah ada bus Damri dengan rute Jakarta-Bandara Soetta ataupun sebaliknya yang telah melayani masyarakat sejak lama.

"Ini masih tahap uji coba. Kan masih ada Damri, dan lain-lain. Nanti disinkronkan dengan yang udah ada," ujarnya.

Sebelumnya, Dishub DKI Jakarta berencana membuka rute baru Transjakarta menuju Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang. Namun, rencana ini masih dalam tahap kajian dan akan dibahas dengan PT Angkasa Pura II.

Kepala Dishub DKI Jakarta, Syafrin Liputo mengatakan, bus Transjakarta rute bandara Soetta nantinya tidak akan berhenti di terminal penumpang. Hal ini agar tidak mengganggu layanan yang sudah ada.

Nantinya layanan menuju Bandara Soetta hanya diperuntukkan bagi karyawan PT Angkasa Pura II atau yang bekerja di sekitar kawasan tersebut. Rute tersebut rencananya akan tersedia dalam Koridor Grogol.

sinpo

Komentar: