PBB Ingin Pinang Gibran Sebagai Cawapres, PDIP: Semua Punya Kesempatan

Laporan: Juven Martua Sitompul
Sabtu, 30 September 2023 | 16:19 WIB
Ketua DPP PDIP Puan Maharani (SinPo.id/ Ashar)
Ketua DPP PDIP Puan Maharani (SinPo.id/ Ashar)

SinPo.id - Ketua DPP PDIP Puan Maharani tak mempersoalkan jika Partai Bulan Bintang (PBB) ingin meminang Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka menjadi bakal calon wakil presiden (cawapres) pendamping Prabowo Subianto pada Pilpres 2024.

Bagi Puan, Gibran adalah sosok anak muda yang sudah memperlihatkan prestasinya di Surakarta. Untuk itu, ia meyakini kerja nyata Gibran menjjadi pertimbangan PBB untuk mengusulkan ke Prabowo.

"Jadi, jangan melihat muda (atau) tua, kemudian laki atau perempuan. Semuanya punya kesempatan yang sama untuk bisa maju dan berjuang di kontestasi," kata Puan di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Sabtu, 30 September 2023.

Di sisi lain, Puan tak mau berandai-andai soal kemungkinan Gibran menjadi cawapres Prabowo. Ia menyerahkan keputusan tersebut kepada putra sulung Presiden Jokowi.

"Ya, kan yang meminang punya pertimbangan tertentu. Tinggal yang dipinang mau atau tidak, Itu saja. Kan baru berandai-andai ini," ujar Puan.

Sebelumnya, PBB secara terbuka meminang Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka menjadi pendamping Prabowo Subianto pada Pilpres 2024.

"Perlu diketahui sebagai sekjen Partai Bulan Bintang, salah satunya (PBB) mencalonkan wakil presiden yang ada di tengah-tengah kita hari ini, selain Pak Yusril ya Mas Gibran Rakabuming Raka," kata Sekretaris Jendral PBB Afriansyah Noor beberapa waktu lalu.

Menurut dia, meski saat ini Gibran masih tercatat sebagai kader PDIP, ia meminta putra sulung Presiden Jokowi tersebut tidak takut keluar dari partai demi kepentingan negara.

"Sekarang ini saya bilang semua, saya kader PBB kalau ada yang minta dari partai lain saya keluar, untuk negara dan bangsa kenapa harus takut. Tidak boleh takut selagi untuk kepentingan negara," katanya.

Ia mengatakan dua sosok yang diusulkan PBB menjadi cawapres, yakni Gibran Rakabuming dan Yusril Ihza Mahendra. Keduanya dinilai sosok yang mumpuni.

"Karena ini kami dari PBB sudah mencalonkan Prabowo menjadi presiden kami, dan tentunya wakilnya kami berharap ada sosok anak muda," ucapnya.

PBB sendiri telah bergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) dan mengusung Ketua Umum Partai Gerindra sebagai bakal capres 2024.sinpo

Komentar: