Masyarakat Takut Ajukan KUR, Pemerintah Diminta Beri Literasi Perbankan ke Pelaku UMKM

Laporan: Galuh Ratnatika
Minggu, 08 Oktober 2023 | 17:56 WIB
Ketua Komisi VI DPR RI Faisol Riza (SinPo.id/ Parlementaria)
Ketua Komisi VI DPR RI Faisol Riza (SinPo.id/ Parlementaria)

SinPo.id - Menanggapi banyaknya masyarakat yang masih takut untuk mengajukan Kredit Usaha Rakyat (KUR), Ketua Komisi VI DPR RI Faisol Riza, meminta pemerintah untuk memberikan pendidikan literasi perbankan kepada para pelaku UMKM.

"Ya saya rasa tanggung jawab pemerintah untuk selalu mendidik masyarakat melalui literasi industri keuangan, perbankan khususnya, terus menerus dilakukan, baik melalui kegiatan-kegiatan formal maupun mereka bisa melakukan dengan kelompok dan komunitas," kata Faisol, dikutip 8 Oktober 2023.

Selain itu, ia juga meminta kepada pemerintah untuk mulai memberikan banyak insentif kepada para pelaku UMKM terutama yang bisa mengakses KUR.

"Jangan hanya yang para investor asing saja ya yang diberikan insentif, tapi juga para pelaku usaha UMKM yang luar biasa perannya di dalam masyarakat ini, harus diberikan insentif yang lebih banyak lagi," ungkapnya.

Kemudian, Faisol juga meminta Bank Himbara untuk menuntaskan persoalan agunan yang menjadi penghambat pelaku UMKM ketika mengajukan KUR, agar dapat menarik lebih banyak masyarakat untuk memanfaatkan KUR.

Karena menurutnya, bukan hanya sial bunga yang diturunkan, tetapi juga soal adanya persyaratan agunan bagi para pelaku UMKM yang dinilai perlu untuk dituntaskan. Pasalnya, persoalan agunan tersebut menjadi penghambat bagi para pelaku UMKM yang ingin mengajukan KUR.

"Sayang kalau ini upaya yang sudah kita lakukan bersama-sama dan sudah berhasil pada taraf tertentu ini, kalau tidak kita lanjutkan akan membuat usaha UMKM kita  yang sudah mulai maju ini menjadi terhambat," katanya menambahkan.sinpo

Komentar: