KTT AIS Forum Telah Berakhir, Namun Tidak Untuk Pengamanannya

Laporan: Bayu Primanda
Jumat, 13 Oktober 2023 | 09:04 WIB
Posko Kogabpadpam VVIP (Sinpo.id/TNI)
Posko Kogabpadpam VVIP (Sinpo.id/TNI)

SinPo.id - Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Archipelagic Island States (AIS) Forum 2023 yang dibuka Presiden Joko Widodo pada Rabu, 11 Oktober 2023 resmi berakhir.

KTT menghasilkan sejumlah kesepakatan dalam forum internasional.

Namun demikian, dengan berakhirnya kegiatan tersebut, bukan berarti proses pengamanan yang dilaksanakan oleh TNI yang tergabung dalam Komando Gabungan Terpadu Pengamanan (Kogabpadpam) VVIP juga ikut betakhir.

Kogabpadpam VVIP yang dipimpin oleh Pangkogabwilhan II Marsdya Andyawan Martono masih memiliki satu tugas pokok yakni memastikan keamanan Kepala Negara, Kepala Pemerintahan atau yang setingkat sampai mereka meninggalkan Tanah Air. 

"Masih ada delegasi setingkat kepala negara atau kepala pemerintahan yang kembali ke negaranya hari ini dan besok," ujar Marsdya Andyawan dalam keterangannya, Jumat, 13 Oktober 2023.

Semua satgas di bawah Kogabpadpam VVIP hingga H+1 masih mengelar personel dan materialnya untuk memastikan seluruh delegasi kembali ke negara asalnya. 

Salah satunya yakni Satgas Siber TNI yang masih melaksanakan monitoring SNA (Social Network Analysis) terkait potensi berita negatif tentang KTT AIS Forum 2023 serta melaksanakan amplifikasi berita positif KTT AIS Forum 2023. 

"Selain Satgas Siber TNI, Satgas Pengamanan Wilayah (Satgaspamwil) di bawah kendali Kodam IX/Udayana masih menyiagakan personelnya melaksanakan pengamanan sektor rute yang akan dilintasi tamu negara dari hotel menuju Bandara I Gusti Ngurah Rai," jelas Andyawan.

Satgas lainnya yang masih menempatkan personelnya di lapangan yakni Satgas Penerangan (Satgaspen). Personel Satgaspen bertugas meliput kepulangan seluruh delegasi. 

"Tidak hanya itu, Satgaspen juga membuat siaran pers dan konten-konten video terkait proses pengamanan VVIP dalam KTT AIS Forum untuk dipublikasikan baik di dalam maupun luar negeri," tukas dia.

 sinpo

Komentar: