Kenakan Kemeja Putih Saat ke KPU, Mahfud MD Cerita Batal Jadi Cawapres Lima Tahun Lalu

Laporan: Khaerul Anam
Kamis, 19 Oktober 2023 | 18:52 WIB
Pasangan Ganjar dan Mahfud MD resmi mendaftar Capres-Cawapres di KPU (Ashar/SinPo.id)
Pasangan Ganjar dan Mahfud MD resmi mendaftar Capres-Cawapres di KPU (Ashar/SinPo.id)

SinPo.id - Mahfud MD mengenakan kemeja putih saat mendaftar sebagai calon wakil presiden (cawapres) pendamping Ganjar Pranowo ke Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Mahfud bercerita, kemeja putih tersebut telah disiapkan sejak lima tahun lalu. Namun, mahfud batal dipilih menjadi cawapres pendamping Joko Widodo (Jokowi) di Pilpres 2019.

"Baju yang saya pakai ini, baju putih ini, ini baju yang pada lima tahun yang lalu saya siapkan untuk dipakai mendaftar ke KPU, tapi tidak jadi," kata Mahfud di halaman Gedung KPU RI, Jakarta Pusat, Kamis, 19 Oktober 2023.

Usai batal menjadi cawapres, kemudian Mahfud mengaku menitipkan kemeja putih tersebut di rumah ibunya yang berada di Madura, Jawa Timur.

Kemudian, Mahfud kembali mengambil kemeja itu setelah menerima kabar akan kembali diusung sebagai cawapres pendamping Ganjar Pranowo di Pilpres 2024.

"Ketika saya mendapat pesan yang kemungkinan besar saya akan dibawa dalam pencapresan oleh koalisi oleh PDI Perjuangan, PPP, Partai Hanura, dan Perindo, tanggal 16 kemarin saya sowan ibu untuk mengambil baju yang tidak jadi dipakai lima tahun lalu. Sekarang saya pakai pada hari ini," paparnya.

Lebih lanjut, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) itu pun mengatakan, kemeja putih tersebut masih muat denagn ukuran badannya.

"Masih muat, kan Badan saya sama dengan dulu," tandasnya.

Seperti diketahui, Mahfud MD sempat akan diusung sebagai cawapres pendamping Jokowi pada Pilpres 2019 lalu.

Jokowi yang saat itu maju sebagai petahana berkumpul dengan para ketua umum partai politik koalisi di sebuah rumah makan di Jakarta Pusat.

Akan tetapi, Mahfud urung dipilih oleh para ketum partai sebagai capres. Jokowi malah mengumumkan Ma'ruf Amin sebagai cawapresnya.sinpo

Komentar: