Polisi Ringkus Pencuri Kotak Amal Masjid di Wilayah Jaksel

Laporan: Sigit Nuryadin
Jumat, 20 Oktober 2023 | 16:32 WIB
Ilustrasi (Sinpo.id/Gettyimages)
Ilustrasi (Sinpo.id/Gettyimages)

SinPo.id -  Polisi berhasil meringkus pelaku pencurian kotak amal di sejumlah Mesjid di wilayah Jakarta Selatan. Pelaku tersebut seorang laki-laki berinisial ARW (22).

Kapolsek Mampang Prapatan, Kompol David Kanitero menyebut bahwa dari keterangan pelaku, dia sudah melakukan aksinya sebanyak enam kali.

"Hasil pengembangan dan keterangannya, tersangka sudah melaksanakan aksi pencuriannya selama tiga bulan terakhir di enam lokasi yakni di Mampang, Pancoran, dan Jagakarsa," kata David dalam keterangannya, Jumat, 20 Oktober 2023.

Menurut David, pelaku merupakan residivis yang baru keluar dari penjara dari rutan Salemba,  Jakarta Timur, tiga bulan lalu. Dia menyebut, pelaku nekat jalankan aksinya lantaran pencurian di area masjid kerap tak dilaporkan ke polisi.

Dalam beraksi, kata David, pelaku melakukan observasi dahulu ke masjid yang menjadi sasarannya dan mengincar tempat ibadah yang ada di pinggir jalan dengan pengamanan minim.

"Pelaku melintasi masjid dahulu sebelum beraksi, berpura-pura menjadi jamaah, sasarannya masjid yang buka 24 jam, kotak amalnya ada di luar, lokasinya di pinggir jalan sehingga aksesnya mudah, dan minim pengamanan," tuturnya.

David menambahkan, pelaku menggunakan uang hasil pencurian itu untuk kebutuhan hidup sehari-hari. Pelaku diketahui seorang pengangguran.

"Pelaku pengangguran, hasil kejahatannya dia pakai untuk membeli handphone dan motor, yang mana telah kami sita, serta untuk kebutuhan hidup," kata David.
sinpo

Komentar: