Polda Metro akan Panggil Penjual Pelat Dinas Palsu yang Digunakan Fortuner di Penjaringan

Laporan: Tri Setyo Nugroho
Selasa, 24 Oktober 2023 | 11:17 WIB
Konferensi pers kasus pelat dinas Polri palsu (SinPo.id/ Humas Polri)
Konferensi pers kasus pelat dinas Polri palsu (SinPo.id/ Humas Polri)

SinPo.id -  

Subdit Jatanras Ditreskrimum Polda Metro Jaya akan memeriksa penjual pelat palsu yang digunakan pengemudi mobil Pajero yang viral di media sosial.

Kasubdit Jatanras Ditreskrimum Polda Metro Jaya, AKBP Samian mengatakan, pekan ini pihaknya bakal memeriksa yang bersangkutan.

“Minggu ini baru dipanggil ya, kemarin suratnya sudah dikirim. Nanti dipastikan lagi, suratnya sudah dibuat dan diminta dipanggil  minggu ini,” kata Samian dikutip dari laman resmi Polri, Selasa, 24 Oktober 2023.

Samian memastikan akan menyelidiki mengenai penjualan plat dinas palsu yang dilakukan bersangkutan.

“Untuk memastikan karena dia kan di story pembelian ada. Melalui market placenya apa dari market place siapa kan belum tau juga ketahuan disitu,” jelasnya.

“Itulah yang kita panggil ke market place itu dulu untuk jelaskan siapa identitasnya nanti,” sambungnya.

Sebelumnya, Polisi telah mengamankan pengemudi Fortuner yang viral di media sosial serta telah ditetapkan tersangka lantaran gunakan pelat mobil dinas palsu.

“Pelat palsu, karena dibeli pelaku dari salah satu marketplace, pelaku bukan satuan Polri ataupun satuan manapun,” ujarnya.

Samian menjelaskan, pelaku M membeli pelat palsu dengan harga Rp500 ribu. “Pelaku membeli di marketplace dengan harga lima ratus ribu rupiah,” jelasnya.

Tersangka dikenakan Pasal 355 KUHP terkait perbuatan tidak menyenangkan. Tak hanya itu pihaknya akan berkoordinasi dengan Ditlantas Polda Metro Jaya untuk menjerat pelaku dengan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ).

Sebagai informasi, aksi ugal-ugalan pengemudi Fortuner itu viral di media sosial pada 15 Oktober 2023 di Kawasan Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara.

Aksi kebut-kebutan Fortuner diduga akibat pengemudi emosi lantaran tak diberi jalan. Setelah berhasil mendahului mobil yang merekam, mobil Fortuner itu dibelokkan menyerong ke kanan dan menutupi laju mobil yang merekam.

Tidak lama berselang setelah berhenti, pengemudi membuka pintu dan berbicara mengumpat.

“Guys jadi ini barusan kejadian sama ade gw. Jadi ade lagi jalan balik ke rumah dari PIK. Terus di jalan gak ada apa-apa tiba-tiba ada mobil Fortuner plat polisi nyalain strobo suruh ade gw berhenti kemungkinan gara-gara gak dikasih jalan jalur tengah. Padahal jalan lebar,” tulis video yang diunggah akun @loslow.indonesia, Minggu, 15 Oktober 2023.sinpo

Komentar: