DPR Minta Kebijakan Impor Dilakukan dengan Perhitungan Matang

Laporan: Galuh Ratnatika
Jumat, 27 Oktober 2023 | 08:31 WIB
Faisol Riza (Sinpo.id/DPR)
Faisol Riza (Sinpo.id/DPR)

SinPo.id -  Ketua Komisi VI DPR RI, Faisol Riza, mengatakan pihaknya akan mendukung kebijakan impor pemerintah asalkan dilakukan dengan perhitungan yang matang. Ia meminta agar kebijakan yang dibuat tidak memberikan dampak yang buruk bagi masyarakat.

Hal tersebut berkaitan dengan rencana pemerintah untuk membatasi impor bawang putih. Karena Kementerian Pertanian (Kementan) rencananya hanya akan menerbitkan Rekomendasi Impor Produk Hortikultura (RIPH) untuk bawang putih sebesar 650 ribu ton.

"Ini penting buat pemerintah agar tetap menjaga (stok dalam negeri). Menurut saya asal semua datanya semua hitungan pemerintah itu benar, kami mendukung. Tapi kalau misalnya ini ternyata ada maksud tertentu itu mohon dihindari. Ini penting demi rakyat masyarakat," kata Faisol, dikutip 27 Oktober 2023.

Menurutnya, impor harus dibatasi apabila masih banyak stok bawang putih di dalam negeri. Karena jika tidak, akan menyebabkan membanjirnya bawang putih di pasaran dan tidak menjamin keseimbangan bisnis tata niaga hortikultura.

Oleh karena itu Faisol mengingatkan kepada pemerintah untuk menyampaikan kondisi tata niaga hortikultura menjelang tahun baru ini kepada publik. Apabila stok dalam negeri masih mencukupi, maka kebijakan impor tidak diperlukan.

"Nah, begitu juga untuk tahun 2024 apa yang diperkirakan oleh pemerintah tata niaga hortikultura kebutuhan dalam negerinya sudah bisa dipenuhi atau tidak. Setelah itu kalau memang dibutuhkan impor karena memang persediaan di dalam negerinya terbatas, ya kami tentu akan mendukung," terangnya.sinpo

Komentar: