Pertamina Indentifikasi Penyebab Kebakaran Pipa Penyalur BBM di Medan

Laporan: Galuh Ratnatika
Minggu, 29 Oktober 2023 | 12:26 WIB
Peristiwa kebakaran pipa penyalur Pertamina (Sinpo.id/BPBD Pali)
Peristiwa kebakaran pipa penyalur Pertamina (Sinpo.id/BPBD Pali)

SinPo.id -  Insiden kebakaran yang terjadi di sekitar ruas pipa penyalur BBM di Kelurahan Belawan Bahari pada Kamis petang telah berhasil diidentifikasi. Menurut Pertamina, insiden tersebut disebabkan oleh ulah pelaku pencurian BBM yang melubangi pipa penyalur BBM.

“Kami pastikan bahwa kebocoran diakibatkan oleh aksi pencurian dengan melubangi pipa penyalur BBM,” kata Area Manager Communication, Relations & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut, Susanto August Satria, dikutip Minggu 29 Oktober 2023.

Tim pengamanan jalur pipa yang sedang berpatroli mendapati adanya kebocoran pada pipa penyalur BBM di wilayah Kampung Kurnia. Menurut informasi warga para pelaku pencurian BBM dengan sengaja membuka sumbatan lubang pipa BBM sehingga BBM keluar dari lubang tersebut dengan cukup deras, dan pada saat bersamaan ada yang menyalakan api.

“Atas laporan insiden kebakaran tersebut, Pertamina segera menghentikan sementara aktivitas penyaluran BBM untuk mengurangi debit minyak yang keluar dari pipa yang dilubangi pencuri dan api berhasil dipadamkan atas bantuan warga setempat," terangnya.

Selain menutup lubang pipa secara permanen, Satria mengatakan Pertamina juga telah melakukan berbagai upaya preventif agar pencurian BBM dengan melubangi pipa penyalur tidak lagi terjadi di wilayah Belawan Bahari.

Namun, ia meminta semua upaya preventif yamg dilakukan Pertamina juga harus dibarengi dengan kesadaran dan kerjasama warga.

Pasalnya, beberapa kali aksi illegal tapping itu dilakukan oleh oknum warga yang berada tidak jauh dari sekitaran lingkungan tersebut.

“Kami lakukan patroli rutin setiap hari bekerjasama dengan BKO Lantamal dan Kodim, juga melakukan sosialisasi kepada masyarakat sekitar terkait keselamatan lingkungan akibat illegal tapping BBM," ungkapnya, yang sekaligus menyampaikan keprihatinan atas adanya dua korban luka bakar.sinpo

Komentar: