Gibran Jadi Cawapres, Menko PMK: Anak Muda Harus Dikasih Ruang Jadi Pemimpin

Laporan: Juven Martua Sitompul
Senin, 30 Oktober 2023 | 12:44 WIB
Gibran Rakabuming (Sinpo.id/Ashar)
Gibran Rakabuming (Sinpo.id/Ashar)

SinPo.id -  Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) RI Muhadjir Effendy menyatakan setiap pemuda di Indonesia harus diberi kesempatan untuk menjadi pemimpin. Termasuk, menjadi calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres).

Ini disampaikannya menanggapi majunya Gibran Rakabuming Raka menjadi cawapres pendamping capres Prabowo Subianto di Pilpres 2024. Anak muda juga harus diberi kepercayaan membawa Indonesia menjadi lebih baik.

"Siapa pun anak muda yg telah menunjukkan prestasinya, harus kita beri ruang, beri jalan yang bagus," kata Muhadjir di Jakarta, Senin, 30 September 2023.

Dia mengingatkan pemerintah untuk tidak alergi memberi kesempatan kepada anak muda menjadi pemimpin. Ini penting guna membuat regenerasi kepemimpinan ke depan. 

"Prinsip saya, yang muda harus diberi kesempatan untuk berada di depan," ujarnya.

Tak hanya anak muda, bagi Muhadjir pemerintah punya kewajiban memberikan kesataraan kepada masyarakat yang kerap dipandang sebelah mata. Seperti kelompok masyarakat disabilitas.

"Artinya, kita harus memberikan kesempatan bagi mereka yg sering dianggap sebelah mata. Ternyata kalau diberi peluang, mereka bisa berprestasi sebagaimana mereka yang dilihat dengan dua mata," kata Muhadjir.

Sebelumnya, Gibran resmi menjadi cawapres pendamping Prabowo. Gibran didapuk menjadi cawapres setelah Mahkamah Konstitusi (MK) memutuskan usia 40 tahun tapi pernah menjadi kepala daerah bisa menjadi peserta pilpres.sinpo

Komentar: