Makan Siang Jokowi dengan Tiga Capres, Anis Matta: Perjamuan Rekonsiliasi

Laporan: Juven Martua Sitompul
Selasa, 31 Oktober 2023 | 10:21 WIB
Prabowo Subianto, Anies Baswedan, dan Ganjar Pranowo. (SinPo.id/Antara)
Prabowo Subianto, Anies Baswedan, dan Ganjar Pranowo. (SinPo.id/Antara)

SinPo.id - Ketua Umum Partai Gelombang Rakyat (Gelora) Indonesia Anis Matta menyambut baik acara makan siang bersama tiga capres untuk Pilpres 2024 dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Makan siang bersama ini, mengirim pesan yang sangat kuat kepada kita semua, Insya Allah Pilpres 2024 akan berlangsung lebih damai," kata Anis Matta dalam keterangannya, Jakarta pada Selasa, 31 Oktober 2023.

Menurut Anis Matta, pelaksanaan Pemilu 2024, baik pemilihan legislatif (pileg) dan pemilihan presiden (pilpres) akan berjalan damai. Kontestasi politik sekarang diyakini tidak seperti Pilpres 2014 dan 2019.

"Pilpres kita, Pileg kita yang akan berlangsung 14 Pebruari nanti, akan berlangsung lebih damai dan lebih teduh dari Pemilu kita tahun 2019 dan 2014," katanya.

Anis Matta menilai makan siang Presiden Jokowi bersama tiga capres sebagai perjamuan rekonsiliasi atau perjamuan persahabatan sebelum Pemilu 2024 dimulai.

"Anggaplah ini sebagai perjamuan rekonsiliasi, atau perjamuan persahabatan, sebelum pertandingan dimulai," ujarnya.

Ketua Umum Partai Gelora ini menilai makan siang bersama antara Presiden Jokowi dengan para capres tersebut diberkahi oleh Allah SWT dan dapat memperkokoh demokrasi Indonesia.

"Sekali lagi, ini acara makan siang yang diberkahi oleh Allah SWT. Dan dengan cara ini, kita bisa memperkokoh proses demokrasi kita, Insya Allah," tegasnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengundang tiga capres, yakni Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, dan Anies Baswedan untuk makan siang bersama. Dalam makan siang bersama itu, terlihat suasana hangat dan akrab antara para peserta pilpres dengan Kepala Negara.

Sebelum bertemu Presiden Jokowi, ketiga capres tampak berbincang di ruang tunggu tamu Istana Merdeka. Ketiganya kompak mengenakan batik lengan panjang. Selepas santap siang, Prabowo, Ganjar dan Anies  mengucapkan terima kasih kepada Presiden Jokowi atas undangan makan siang tersebut.sinpo

Komentar: