DPR Terima Surpres Pengganti Panglima TNI Yudo Margono

Laporan: Juven Martua Sitompul
Selasa, 31 Oktober 2023 | 09:27 WIB
Komisi I DPR saat menyetujui pemberhentian dengan hormat Jenderal Andika Perkasa sebagai Panglima TNI dan menyepakati Laksamana Yudo Margono sebagai penggantinya. (SinPo.id/Antara)
Komisi I DPR saat menyetujui pemberhentian dengan hormat Jenderal Andika Perkasa sebagai Panglima TNI dan menyepakati Laksamana Yudo Margono sebagai penggantinya. (SinPo.id/Antara)

SinPo.id - DPR RI telah menerima surat presiden (surpres) terkait usulan calon Panglima TNI pengganti Laksamana TNI Yudo Margono. Nama yang disodorkan ke Parlemen merupakan calon tunggal.

"Iya, sudah diterima," kata Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid kepada wartawan di Jakarta, Selasa, 31 Oktober 2023.

Kendati begitu, Meutya masih enggan menyebut nama calon pengganti Yudo tersebut. Dia menyampaikan nama itu bakal diumumkan langsung oleh Ketua DPR RI Puan Maharani.

"Nama nanti yang sampaikan Ibu Ketua DPR, tetapi yang pasti calon tunggal, karena sesuai undang-undang memang Presiden mengirim (usulan) calon tunggal," kata Meutya.

Meutya menyatakan hari ini Komisi I DPR RI bakal menggelar rapat internal untuk membahas tanggal uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) kepada calon tunggal Panglima TNI itu.

Sejauh ini, informasi yang beredar calon kuat yang bakal menjadi Panglima TNI baru adalah Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Agus Subiyanto.

Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono bakal memasuki masa pensiun pada 26 November 2023, tepat saat berusia 58 tahun. Pasal 53 Undang-Undang Nomor 34 tentang Tentara Nasional Indonesia (UU TNI) mengatur perwira TNI pensiun pada usia 58 tahun, sementara bintara dan tamtama 53 tahun.

Sebelumnya, Kementerian Sekretariat Negara menyampaikan surpres tentang usulan calon tunggal Panglima TNI kepada DPR RI di Jakarta pada Senin, 30 Oktober 2023.

"Tadi siang sekitar jam 11.30 WIB, Pak Mensesneg telah menyampaikan secara langsung surpres (surat presiden) terkait nama Panglima TNI pengganti Laksamana TNI Yudo Margono ke Ibu Ketua DPR," kata Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana di Jakarta pada Senin, 30 Oktober 2023.

Disinggung nama calon Panglima TNI yang dimaksud, Ari mengatakan hal itu akan disampaikan oleh Ketua DPR RI Puan Maharani.

"Nanti Bu Ketua DPR akan menyampaikan keterangan kepada media," ujarnyasinpo

Komentar: