Soal Surpres Panglima TNI, Dasco: Dibahas Pekan Depan

Laporan: Galuh Ratnatika
Kamis, 02 November 2023 | 13:35 WIB
Wakil Ketua DPR, Dasco (Sinpo.id/Galuh Ratnatika)
Wakil Ketua DPR, Dasco (Sinpo.id/Galuh Ratnatika)

SinPo.id -  Wakil Ketua DPR RI, Dasco, mengatakan pembahasan terkait surpres calon Panglima TNI akan dilakuman dalam rapat pimpinan (Rapim) dan badan musyawarah (Bamus) pada pekan depan.

"Kita akan lakukan Rapim dan Bamus di pekan depan, kira-kira hari Selasa. Lalu kemudian rangkaian-rangkaian fit and proper test itu kan ada beberapa yang harus dilakukan oleh Komisi I yang akan ditugaskan," kata Dasco, di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis 2 November 2023.

Sementara untuk uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) calon panglima TNI pengganti Laksamana Yudo Margono, akan dilakukan antara tanggal 15 atau 16 November 2023.

"Nah, menurut saya kita akan on the track aja sesuai dengan jadwal-jadwal yang nanti akan ditentukan oleh Rapim dan Bamus, mungkin perkiraan fit and proper test antara tanggal 15 atau 16, kira-kira begitu," ungkapnya.

Seperti diketahui, surpres Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait pengganti Panglima TNI Laksamana Yudo Margono yang akan memasuki masa pensiun pada akhir November mendatang, telah diterima DPR RI.

Menurut Ketua DPR RI, Puan Maharani, Presiden Jokowi hanya mengajukan satu nama pengganti, yakni Jenderal TNI Agus Subiyanto yang saat ini menjabat sebagai KSAD.sinpo

Komentar: