Groundbreaking Kantor BI di IKN, Jokowi Yakin Investor Tambah Banyak

Laporan: Khaerul Anam
Kamis, 02 November 2023 | 13:47 WIB
Presiden Joko Widodo (Sinpo.id/Setkab)
Presiden Joko Widodo (Sinpo.id/Setkab)

SinPo.id -  Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan peletakan batu pertama atau groundbreaking Kompleks Perkantoran Bank Indonesia di kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN), Provinsi Kalimantan Timur.

Jokowi menyebut, keberadaan kantor BI di IKN dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat dan investor terhadap pembangunan IKN.

"Hari ini kita kembali melakukan groundbreaking untuk pembangunan Kantor Bank Indonesia di IKN. Kalau Bank Indonesia sudah mulai membangun, mau apa kita, yang pegang uang semuanya ada di Bank Sentral kita," kata Jokowi dalam sambutannya, dipantau Youtube Sekretariat Presiden, Kamis, 02 Oktober 2023.

Jokowi mengatakan, pembangunan perkantoran BI di IKN juga sebagai simbol otoritas moneter perbankan dan sistem pembayaran di tanah air siap mendukung pembangunan IKN menjadi ibu kota yang berkelas dunia.

"Karena yang pegang uang semuanya ada di bank sentral kita. Otoritas moneter perbankan telah ada dan siap mendukung IKN, pertumbuhan ekonomi berkelanjutan di IKN," ujar Jokowi.

"Dan groundbreaking ini membuktikan kesungguhan komitmen kita kesiapan kita untuk membangun IKN menjadi ibu kota yang berkelas dunia," tambahnya.

Lebih lanjut, Jokowi memaparkan saat ini sudah banyak investor yang masuk ke IKN setelah pemerintah memulai pembangunan Istana Kepresidenan dan kantor Kementerian. 

"Hitungan kita sampai Desember nanti, total Rp 45 triliun akan memulai pekerjaannya di IKN. Ada lima hotel yg akan segera dibangun, empat bintang 5, satu bintang 4. Ada empat RS yang juga sudah segera dimulai dan juga sekolah," tandasnya.
sinpo

Komentar: