Pemprov DKI Lanjutkan Razia Uji Emisi Hingga Akhir Tahun, Tanpa Tilang

Laporan: Khaerul Anam
Jumat, 03 November 2023 | 20:44 WIB
Razia tilang uji emisi (SinPo.id/ Ashar)
Razia tilang uji emisi (SinPo.id/ Ashar)

SinPo.id - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan melanjutkan razia bagi kendaraan yang tidak lolos uji emisi di wilayah Jakarta. Meski begitu, denda tilang bagi kendaraan yang tak lolos uji emisi ditiadakan.

Juru Bicara Satgas Pengendalian Pencemaran Udara (PPU) DKI Jakarta Ani Ruspitawati mengatakan, razia uji emisi dilanjutkan untuk memberikan edukasi dan  sosialisasi agar masyarakat melakukan uji emisi.

"Kami tetap akan melanjutkan pelaksanaan uji emisi dan pemeriksaan kepatuhan uji emisi sampai akhir tahun ini,” kata Ani dalam keteranagnya di Balaikota Jakarta, Jumat, 3 November 2023.

Ani menjelaskan, Pemprov DKI sudah berkoordinasi kembali dengan Ditlantas Polda Metro Jaya untuk keberlanjutan razia uji emisi kendaraan di Jakarta.

Sementara itu, dengan tidak adanya sanksi denda atau tilang uji emisi, pihak kepolisian tidak lagi melaksanakan tilang di tempat saat pelaksanaan razia uji emisi.

"Untuk keberlanjutan sanksi tilang uji emisi, kami akan formulasikan lebih lanjut untuk pelaksanaannya, bekerja sama dengan berbagai pihak," ujarnya.

Namun demikian, lanjut Ani, bagi kendaraan yang tidak lolos uji emisi saat razia berlangsung, petugas akan memberikan surat wajib servis kepada pengendara.

“Surat tersebut sebagai peringatan kepada pengendara untuk segera melakukan perbaikan agar dapat lulus uji emisi,” tandasnya.

Sebagai informasi, tilang uji emisi kembali diberlakukan pada 1 November 2023 setelah sebelumnya sempat ditiadakan. Setelah digelar selama sehari, polisi kembali menyetop tilang uji emisi.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman mengatakan, tilang uji emisi di Jakarta ditiadakan karena banyak mendapat keluhan dari masyarakat.

Menurutnya, dari hasil evaluasi masih banyak masyarakat yang belum tersosialisasi soal tilang uji emisi. Pihaknya akan berkoordinasi dengan KLHK terkait hal ini. Untuk itu, polisi akan menggencarkan sosialisasi uji emisi.sinpo

Komentar: