Jelang Pemilu 2024, Polda Metro Jaya Patroli Medsos

Laporan: Sigit Nuryadin
Sabtu, 04 November 2023 | 18:53 WIB
Ilustrasi (Sinpo.id/Gettyimages)
Ilustrasi (Sinpo.id/Gettyimages)

SinPo.id -  Polda Metro Jaya melakukan patroli siber guna mengantisipasi dan memantau terjadinya potensi konflik yang bisa ditimbulkan di dunia maya atau di media sosial (medsos) menjelang Pemilu 2024.

Wakapolda Metro Jaya Brigjen Suyudi Ario Seto menyebut bahwa patroli siber ini sesuai dengan intruksi Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo untuk menjaga Pemilu 2024 dengan cara persuasif dan proaktif di medsos. 

"Kita di seluruh satker di polres maupun Polda tidak hanya di jajaran Reserse saja, tapi di polres-polres kita ada namanya patroli siber karena memang di era digital seperti sekarang kita harus melakukan pemantauan," ujar Suyudi kepada wartawan, Sabtu, 4 November 2023.

Suyudi menegaskan bakal menindak masyarakat yang melakukan hal-hal berbau provokasi dan  berpotensi mengganggu kamtibmas di medsos. 

"Kita lakukan pemantauan setiap waktu dan, kalau ada upaya yang mengganggu, memancing, memprovokasi, tentunya kita akan tidak segan-segan untuk melakukan penindakan," tuturnya. 

Lebih jauh, Suyudi mengungkapkan, pihaknya melakukan langkah-langkah lainnya untuk memastikan keamanan dan ketertiban masyarakat. 

Melalui polres jajaran, kata dia, dilakukan juga pemetaan daerah rawan terjadinya gangguan kamtibmas.

"Kita ada patroli skala besar, sedang, dan kecil hampir setiap waktu, kemudian juga kegiatan-kegiatan cooling system menjelang Pemilu ini dengan upaya-upaya pendekatan kepada masyarakat," kata Suyudi. sinpo

Komentar: