Seluruh Area Rumah Sakit Al Shifa Gaza Dipadati Pengungsi

Laporan: Galuh Ratnatika
Rabu, 08 November 2023 | 09:48 WIB
Ribuan pengungsi Gaza, Palestina telah memenuhi setiap ruang di Rumah Sakit Al Shifa. (SinPo.id/Anadolu Agency)
Ribuan pengungsi Gaza, Palestina telah memenuhi setiap ruang di Rumah Sakit Al Shifa. (SinPo.id/Anadolu Agency)

SinPo.id - Ribuan pengungsi Gaza, Palestina telah memenuhi seluruh area di Rumah Sakit Al Shifa buntut serangkaian serangan mematikan Israel. Mereka tinggal di bawah tenda darurat hingga di berbagai area-area lain, seperti di tempat parkir, koridor rumah sakit, hingga di atap rumah sakit.

Kini rumah sakit utama di Kota Gaza itu telah berubah menjadi tempat berlindung bagi orang-orang yang rumahnya telah dibombardir, atau mereka yang takut akan hal itu, dalam serangan militer Israel di Jalur Gaza, yang telah memasuki bulan kedua.

“Kami lari dari rumah karena serangan udara yang hebat. Situasinya semakin buruk dari hari ke hari,” kata Um Haitham Hejela, seorang wanita yang berlindung bersama anak-anak kecilnya di tenda darurat yang terbuat dari kain, tali dan tikar. Dilansir dari ABC, Rabu 8 November 2023.

Orang-orang terlihat tergeletak di kedua sisi koridor, dan hanya menyisakan ruang sempit bagi siapa pun untuk berjalan. Barang-barang pribadi mereka disimpan di tangga atau di ambang jendela, beserta dengan tumpukan kantong sampah.

Namun, situasi tersebut tidak hanya terjadi pada Al Shifa. Karena Organisasi Kesehatan Dunia memperkirakan 122 ribu pengungsi Gaza berlindung di rumah sakit, gereja, dan bangunan umum lainnya di seluruh wilayah Gaza. Sementara 827 ribu lainnya berlindung di bangunan sekolah.

Pasalnya, sekitar 70 persen dari 2,3 juta penduduk Gaza telah meninggalkan rumah mereka sejak perang dimulai. Karena tempat tinggal mereka hancur tak tersisa.sinpo

Komentar: