Ratusan Warga Asing di Gaza Telah Menyebrang Menuju Mesir

Laporan: Galuh Ratnatika
Rabu, 08 November 2023 | 10:07 WIB
Setidaknya 320 orang pemegang paspor asing telah meninggalkan Gaza melalui perbatasan Rafah menuju Mesir. (SinPo.id/AFP)
Setidaknya 320 orang pemegang paspor asing telah meninggalkan Gaza melalui perbatasan Rafah menuju Mesir. (SinPo.id/AFP)

SinPo.id -  Lebih dari 300 warga negara asing, termasuk warga negara Palestina yang berkewarganegaraan ganda, telah meninggalkan Gaza melalui perbatasan Rafah menuju Mesir.

Demikian laporan kantor berita Reuters, mengutip sumber-sumber Mesir. Setidaknya 320 pemegang paspor asing memasuki Mesir dari Gaza pada Selasa, 7 November 2023 setelah penyeberangan Rafah ditutup pada akhir pekan.

Setelah penyebrangan Rafah sempat ditutup pada akhir pekan pasca serangan Israel terhadap ambulans yang sedang menuju ke sana, kini jalur itu telah dibuka kembali untuk penyebrangan dengan jumlah orang yang dibatasi.

Dari mereka yang menyeberang, hanya empat orang Palestina yang terluka dan akan menerima perawatan di Mesir, akibat serangan Israel yang membabi buta.

Juru bicara Departemen Luar Negeri Amerika Serikat (AS), mengatakan pihaknya telah membantu lebih dari 400 warga negaranya untuk meninggalkan Gaza sejak perang dimulai pada 7 Oktober lalu. Termasuk di antaranya sekelompok warga Kanada.

Kemudian lebih dari 100 warga negara Perancis juga telah dievakuasi dari Jalur Gaza. Hal itu disampaikan oleh Kementerian Eropa dan Kementerian Luar Negeri Perancis.

Sementara Kementerian Luar Negeri dan Ekspatriat Yordania mengatakan, sekitar 262 dari 569 warga Yordania yang terjebak di Gaza juga telah dievakuasi.sinpo

Komentar: