Motif Pembunuhan Karyawan MRT di KBT Cakung: Terlilit Utang Rp3 Miliar

Laporan: Sigit Nuryadin
Minggu, 12 November 2023 | 13:52 WIB
Wajah ketiga pelaku pembunuhan karyawan MRT di KBT Cakung (Sinpo.id/dok: Polri)
Wajah ketiga pelaku pembunuhan karyawan MRT di KBT Cakung (Sinpo.id/dok: Polri)

SinPo.id -  Polisi mengungkap motif pembunuhan karyawan yang jasadnya ditemukan terapung di Kanal Banjir Timur (KBT) Cakung, Jakarta Timur, pada Jumat, 10 November 2023, kemarin.

Kasubdit Resmob Polda Metro Jaya AKBP Titus Yudho Ully menyebut bahwa motif pelaku utama berinisial R (29) melakukan pembunuhan terhadap korban DD (38) lantaran terlilit utang.

"Motif dari para pelaku adalah ekonomi, yang mana saudara R memiliki utang Rp3 miliar," ujar Titus dalam keterangannya, Minggu, 12 November 2023.

Menurut dia, pelaku R terlilit utang gegara memaksakan gaya hidup yang mewah. Modus pelaku R, kata dia, berpura-pura ingin membeli mobil korban DD yang diiklankan melalui media sosial.

"Jadi korban mengiklankan mobil tersebut lewat media sosial Facebook, dan pelaku berkomunikasi lewat Facebook tersebut dengan korban sampai dengan akhirnya bertemu," tuturnya.

Dalam prosesnya, saat itu para pelaku sempat menunjukkan bukti transfer palsu untuk pembelian Fortuner. Namun, karena curiga, akhirnya korban pun menolaknya.

Proses transaksi di antara mereka pun batal. Para tersangka meminta tolong korban untuk diantar pulang. Korban akhirnya setuju dan para tersangka diantar pulang pakai mobil Fortuner yang semula akan dibeli para tersangka.

Di dalam mobil Fortuner tersebutlah para tersangka dengan keji menyayat leher dan menusuk dada korban hingga tewas. Setelahnya, korban dibuang ke KBT, Cakung, Jakarta Timur.

"Korban ingin pulang, kemudian diantar oleh para tersangka. Pada saat diperjalanan di dalam mobil, para tersangka melakukan aksinya dengan menyayat leher korban dan menusuk beberapa kali ke dada korban. Kemudian, korban dibuang di saluran air KBT Cakung," jelasnya.

Mayat DD ditemukan di KBT, Cakung, pada Jumat, 10 November 2023. Polisi telah menangkap tiga orang yang kini berstatus hukum sebagai tersangka.sinpo

Komentar: