Indonesia dan Turki Sepakat Kerja Sama Wujudkan Kemerdekaan Palestina

Laporan: Galuh Ratnatika
Minggu, 12 November 2023 | 13:45 WIB
Presiden Joko Widodo bersama Presiden Turki, Recep Tayip Erdogan (Sinpo.id/Setkab)
Presiden Joko Widodo bersama Presiden Turki, Recep Tayip Erdogan (Sinpo.id/Setkab)

SinPo.id -  Di sela-sela Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Luar Biasa Organisasi Kerja Sama Islam (OKI), Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan.

Dalam pertemuan tersebut, Jokowi dan Erdogan sepakat akan terus bekerja sama menyelesaikan masalah di Gaza, dan terus mendukung perjuangan bangsa Palestina dakam melawan Israel. Termasuk dalam mewujudkan kemerdekaan Palestina.

“Serta mengingatkan dunia untuk selesaikan akar masalah yaitu kemerdekaan Palestina berdasarkan two state solution,” kata Jokowi, dikutip Minggu 12 November 2023.

Selain itu, ia menekankan OKI untuk bersatu dan berada di depan mendesak dan menyerukan gencatan senjata dalam pertempuran antara Israel dan Palestina, agar bantuan kemanusiaan dapat masuk ke Gaza dengan aman, predictable, sustainable, sert menjangkau seluruh warga.

Kemudian, Jokowi juga menegaskan Indonesia akan menggunakan semua saluran untuk menyuarakan keadilan dan kemanusiaan bagi bangsa Palestina, termasuk Sidang Majelis Umum PBB, Dewan HAM, dan Mahkamah Kejahatan Internasional.sinpo

Komentar: