Jokowi Ajak Negara-negara OKI Bersatu Bela Palestina

Laporan: Khaerul Anam
Senin, 13 November 2023 | 12:03 WIB
Presiden Joko Widodo (Sinpo.id/Setkab)
Presiden Joko Widodo (Sinpo.id/Setkab)

SinPo.id -  Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak negara-negara peserta Organisiasi Kerja Sama Islam (OKI) agar bersatu  memperjuangkan keadilan bagi rakyat Palestina.

Jokowi mengatakan OKI mewakili sepertiga dari seluruh negara di dunia. Ia berharap negara-negara OKI ikut membela Palestina.

"Saat KTT, saya menyampaikan secara jujur bahwa dunia seolah tidak berdaya menyaksikan penderitaan rakyat Palestina," kata Jokowi dalam keterangan persnya, Senin, 13 November 2023.

Jokowi mengatakan gencatan senjata harus segera diwujudkan. Selain itu, bantuan kemanusiaan juga harus dipercepat dan diperbanyak.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga menyebut, perundingan damai harus segera dimulai dan Israel harus bertanggung jawab atas kekejaman yang telah dilakukan.

"Fasilitas publik dan kegiatan kemanusiaan tidak boleh menjadi sasaran serangan," paparnya.

Jokowi saat ini sudah berada di AS dan akan bertemu Presiden Joe Biden, untuk menyampaikan pesan dari OKI dan Presiden Palestina Mahmoud Abbas. 

"Alhamdullilah, KTT Luar Biasa OKI menghasilkan resolusi yang berisi pesan yang sangat kuat untuk dunia, dan pesan inilah yang akan saya sampaikan, kepada Presiden AS Joe Biden," tandasnya.sinpo

Komentar: