Diawali Gala Dinner, KPU Undi Nomor Urut Capres-Cawapres Besok

Laporan: Khaerul Anam
Senin, 13 November 2023 | 20:37 WIB
Suasana Gedung KPU jelang penetapan nomor urut capres-cawapres Pilpres 2024 (SinPo.id/ Khaerul Anam)
Suasana Gedung KPU jelang penetapan nomor urut capres-cawapres Pilpres 2024 (SinPo.id/ Khaerul Anam)

SinPo.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI akan melakukan pengundian nomor urut pasangan calon presiden (capres) dan calon (capres) pada Selasa, 14 November 2023, besok. Pengundian akan dilakukan di Kantor KPU RI Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat.

"Jadi rencananya kegiatan untuk pengundian dan penetapan nomor urut capres-cawapres akan dilaksanakan hari Selasa, 14 November 2023 rencananya dimulai 18.30 WIB," kata Ketua KPU RI Hasyim Asyari di Jakarta, Senin, 13 November 2023.

Hasyim menjelaskan, acara akan dimulai dengan rangkaian makan malam bersama pasangan capres dan cawapres beserta pimpinan partai politik (parpol) pengusung.

"Jadi dimulai dengan gala dinner, makan malam dengan capres-cawapres dan pimpinan parpol yang mengusung," ujarnya.

Hasyim menjelaskan, KPU memberikan kuota undangan sebanyak 150 orang bagi setiap masing-masing pasangan capres-cawapres beserta parpol pengusung untuk menghadiri pengundian nomor urut.

"Itu masing-masing pimpinan parpol atau tokoh-tokoh yang diusulkan oleh masing-masing paslon. Khusus untuk pimpinan parpol juga nanti ketum sekjen masing-masing, beserta paslon," paparnya.

Setelah itu, lanjut Hasyim, KPU akan melakukan rapat pleno untuk pengambilan nomor urut secara terbuka. KPU juga mempersilahkan kepada masing-masing pasangan capres-cawapres untuk menyampaikan sambutan.

"Setelah itu dilakukan rapat pleno terbuka pengambilan nomor urut, dan penetapan nomor urut masing-masing paslon. Setelah itu kami berikan kesempatan masing-masing paslon sekitar 10 menit sampaikan sambutan. satu tim 10-menitan sekiranya begitu," tandasnya.sinpo

Komentar: