koran Sin Po, 14 November 1929

Oedjar-oedjar dari doenia dagang.

Laporan: Sinpo
Selasa, 14 November 2023 | 07:51 WIB
koran Sin Po, 14 November 1929 (SinPo.id/Monash Uiversity)
koran Sin Po, 14 November 1929 (SinPo.id/Monash Uiversity)

DI Amerika sariket dan djoega di laen-laen negri Barat sekarang orang banjak goenaken oetjapan-oetjapan, pendek atawa ”slagzinnen” jang bisa dinamaken “oedjar-oedjar” dari doenia dagang".

Maksoednja oetjapan – oetjapan begitoe ada boeat tarik perhatihan dari publiek dan sebab itoe oedjar-oedjar demikian moesti ringkes, menarik hati atawa loetjoe.

Di Barat sering diadaken prysvraag (sering dengen premie tinggi) boeat tjari oedjar-oedjar atawa motto's demikian.

Penerbit - penerbit boekoe di Blanda banjak jang mempoenjai motto firma demikian, saperti oepama motto “Sine Libris Vita Lacuna” („zonder boekoe pengi[1]doepan kosong”)dari uitgever S. L. van Looy; “Delvende Opwaarts” dari D. Bolle di Rotterdam; „Boeken zijn de universiteit onzer dagen" (Boekoe-boekoe ada sekola tinggi di ini djeman) dari Mij. v. goede en goedk. lectuur di Amsterdam. Fabrikant-fabrikant auto djoega mempoenjai oedjar-oedjar demikian; oepama dari Packard jang terkenal „Only Packard can build a Packard” („Tjoema Pacard bisabikin Pacard"). Atawa dari Chevrolet baroe “Kreta anem cylinder dengen harga dari ampat”.

Dibawa ini ada bebrapa oedjar-oedjar dari berbagi-bagi firma's dari matjem-matjem perdagangan. Fabriek automaat Rob. Funck Jensen oepama mempoenjai oedjar „Hoe verdien ik geld terwyl ikslaap?” („Bagimana akoe bisa tjari doeit sembari tidoer”). Ini tentoe sadja berhoeboeng dengen barang dagangan dari firma terseboet, jalah pekakas automaat jang bakerdja sendiri sonder dilajanin menoesia.

Fabriek saboen Dobbelmann mempoenjai oedjar „Op GOEDE zeep staat: Dobbelmann” (Disaboen jang BAEK ada nama Dobbelmann). Satoe fabriek tembaga, jalah N.V. R. S. Stokvis & Zonen mempoenjai oedjar jang tida bisa disalin, jalah „Goed koper is goedkooper” (Tembaga baek ada tembaga moerah) .

N. V. Verkoopkantoor van Edelstaal di Amsterdam poenja oedjar dagang ada “Hoe beter het gereedschap, hoe hooger het dividend” (Semingkin baek perabotnja, semingkin tinggi dividendnja).

Oedjar dari sigaret “Camel” ada “He walks a mile for a Camel” (Ia poakang djalan sampe satoe myl boeat beli sigaret Camel). Firma-firma Tionghoa tentoe sadja bisa toeroet itoe toeladan kaloe maoe dengen bikin motto dalem bahasa Tionghoa atawa Melajoe.

Boeat bikin motto orang tentoe sadja moesti perhatiken barang jang didjoeal, nama firma dan sebaginja soepaja bisa dapet satoe slagzin jang tjotjok betoel. Satoe firma Japan Murakami oepama gampang bikin satoe slagzin dengen goenaken iapoenja nama firma, jalah: “Murakami, kami betoel moerah!’’sinpo

Komentar:
BERITALAINNYA
Koran Sin Po, 17 Mei 1924 (Monash University/SinPo.id)
Moesim memboenoe dan merampok.
Jumat, 17 Mei 2024
Koran Sin Po 8 Mei 1986 (SinPo.id/Monash University)
Satoe Blanda di Tiongkok
Rabu, 08 Mei 2024
Koran Sin Po 21 April 1928, (Monash University/sinpo.id)
Tiongkok dan Barat.
Minggu, 21 April 2024
Koran Sin Po 30 Maret 1929 (Monahs University/SinPo.id)
Unificatie ka atas atawa ka bawah?
Sabtu, 30 Maret 2024
Koran Sin Po, 24 Maret 1928, (Monash University/SinPo.id)
Organisatie Tionghoa.
Minggu, 24 Maret 2024
Koran Sin Po 20 Maret 1926 (Monash University/SinPo.id)
“Bandjir besar di Brebes,”
Rabu, 20 Maret 2024