Ratusan Gempa Vulkanik Terus Terjadi di Islandia, Ribuan Orang Dievakuasi

Laporan: Galuh Ratnatika
Selasa, 14 November 2023 | 08:23 WIB
Gempa bumi vulkanik dari aktivitas gunung berapi di Islandia masih terus terjadi. (SinPo.id/Getty Images)
Gempa bumi vulkanik dari aktivitas gunung berapi di Islandia masih terus terjadi. (SinPo.id/Getty Images)

SinPo.id - Gempa bumi vulkanik dari aktivitas gunung berapi di Islandia masih terus terjadi. Bahkan lebih dari 500 gempa bumi telah melanda Semenanjung Reykjanes sejak tengah malam, meskipun guncangannya lebih lemah dibandingkan dua hari terakhir. 

Menurut para ahli, letusan gunung berapi diperkirakan akan terjadi dalam waktu dekat. Karena sungai magma sepanjang 15 km (9 mil) yang mengalir di bawah semenanjung masih aktif, mengancam kota Grindavik yang penduduknya kini telah dievakuasi.

Retakan muncul di jalan-jalan kota Grindavik akibat dari gempa kecil yang menyebabkan lanskap bergeser dan menetap. Sehingga para penduduk diperintahkan untuk segera mengungsi dengan membawa barang berharga mereka di bawah pengawasan.

"Ini salah satu evakuasi terbesar yang pernah kami lakukan. Ini insiden besar. Dampaknya besar terhadap seluruh warga Islandia," kata Aslaug Yngvadottir Tulinius dari Palang Merah Islandia kepada BBC, dikutip Selasa 14 November 2023.

Banyak penduduk yang khawatir jika mereka tidak akan pernah melihat rumahnya lagi. Sebagian penduduk juga mengungkapkan kekecewaan mereka karena biasanya, letusan terjadi di daerah yang tidak berpenghuni. 

Ribuan guncangan telah tercatat di sekitar gunung berapi Fagradalsfjall dalam beberapa pekan terakhir. Guncangan tersebut terkonsentrasi di Semenanjung Reykjanes, yang sempat tidak aktif selama 800 tahun. Melihat kondisi itu, pemerintah Islandia langsung mengumumkan keadaan darurat.

Selain itu, profesor vulkanologi di Universitas Islandia, Thor Thordason, mengatakan magma sekarang berada kurang dari 800 meter di bawah permukaan dan letusan akan segera terjadi.sinpo

Komentar: