Bos ExxonMobil Investasikan Kilang Petrokimia Senilai USD15 Miliar

Laporan: Khaerul Anam
Kamis, 16 November 2023 | 12:04 WIB
CEO ExxonMobil Corporation Darren Woods saat bertemu bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di San Francisco, Amerika Serikat (AS), Rabu, 15 November 2023 (SinPo.id/Ist)
CEO ExxonMobil Corporation Darren Woods saat bertemu bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di San Francisco, Amerika Serikat (AS), Rabu, 15 November 2023 (SinPo.id/Ist)

SinPo.id -  CEO ExxonMobil Corporation Darren Woods berniat menginvestasikan kilang petrokimia dan Carbon Capture Storage (CSS) di Indonesia, senilai US$ 15 miliar. Niat itu disampaikan saat bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Hotel Four Seasons, San Francisco, Amerika Serikat (AS), Rabu, 15 November 2023, kemarin.

Presiden Jokowi menjelaskan investasi CSS terbesar di Asia Tenggara dan kompleks petrokimia salah satu yang tercanggih di dunia.  "Saya apresiasi rencana kerja sama untuk pembangunan kilang petrokimia hijau dan Carbon Capture Storage (CSS) dengan nilai mencapai $15 Miliar," kata Jokowi kepada Darren Woods, dikutip Kamis, 16 November 2023.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyampaikan ada dua hal yang dibahas dalam pertemuan itu. Pertama adalah rencana pembangunan kilang petrokimia hijau, dan yang kedua adalah untuk carbon capture and storage.

"Jika kerja sama ini dapat dilakukan, maka akan menjadi salah satu yang tercanggih di dunia dan untuk fasilitas carbon capture and storage, akan menjadi salah satu yang terbesar di Asia Tenggara," ucap Retno.

Retno menyebut Jokowi terus mendorong investasi Exxon Mobil Corporation Woods. Sedangkan dalam pertemuan antara Presiden Jokowi bersama Chairman Exxon Mobil tersebut juga membahas energi baru dan terbarukan, termasuk pembangunan infrastruktur hijau di IKN Nusantara.

“Jadi, itu adalah hasil dari pertemuan Presiden dengan Exxon Mobil,” katanya.

 sinpo

Komentar: