Islandia Terus Dilanda Ratusan Gempa Akibat Aktivitas Gunung Berapi

Laporan: Galuh Ratnatika
Kamis, 16 November 2023 | 12:38 WIB
Jalanan retak akibat gempa di Grindavík di Islandia. (SinPo.id/AP)
Jalanan retak akibat gempa di Grindavík di Islandia. (SinPo.id/AP)

SinPo.id -  Badan Meteorologi Islandia mencatat setidaknya terdapat 800 kali gempa dalam beberapa jam terakhir akibat aktivitas gunung berapi. Gempa tersebut sebagian besar berpusat di tengah tanggul magma di Sundhnúk pada kedalaman sekitar 3 hingga 5 kilometer atau 1,8 hingga 3,1 mil.

Sundhnúk sensiri berjarak lebih dari 2 mil ke arah utara-timur laut Grindavík, sebuah kota di barat daya Islandia yang semua penduduknya telah dievakuasi karena aktivitas gunung berapi yang mengancam keselamatan.

“Aktivitas seismik tetap konstan sejak 11 November. Fokus pemantauan utama pada aktivitas seismik tetap berada di wilayah tanggul dan Grindavík,” kata Kantor Meteorologi Islandia, dilansir dari Fox News, Kamis 16 November 2023.

Pekan lalu, para wisatawan juga dilaporkan telah meninggalkan spa dan pemandian air panas Blue Lagoon di Islandia, yang menjadi tempat wisata paling terkenal di dunia, setelah gempa mengguncang daerah sekitarnya. Sehingga tempat wisata tersebut terpaksa ditutup untuk sementara waktu.

Meski saat ini magma masih terus mengalir ke dalam tanggul, belum dapat diketahui pasti kapan dan dimana magma akan mencapai permukaan. Namun kemungkinan terjadinya letusan di tanggul magma masih sangat tinggi.sinpo

Komentar: