Eks Penyidik KPK: Kesaksian Firli Penting untuk Penetapan Tersangka Dugaan Pemerasan SYL

Laporan: Sigit Nuryadin
Kamis, 16 November 2023 | 15:45 WIB
Ketua KPK Firli Bahuri (SinPo.id/ Khaerul Anam)
Ketua KPK Firli Bahuri (SinPo.id/ Khaerul Anam)

SinPo.id - Mantan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Yudi Purnomo menegaskan bahwa kesaksian Firli Bahuri dalam pemeriksaan hari ini sangatlah penting untuk menetapkan tersangka dalam kasus dugaan pemerasan eks Mentan Syahrul Yasin Limpo (SYL). 

"Kesaksian Firli Bahuri hari ini penting untuk penyidik menetapkan tersangka," kata Yudi dalam keterangan tertulisnya yang diterima SinPo.id, Kamis, 16 November 2023.

Menurut dia, kesaksian Firli hari ini juga untuk memperkuat pembuktian dan mensinkronkan fakta-fakta terkait peristiwa yang terjadi, termasuk kemungkinan ada hal baru yang akan ditanyakan penyidik. 

"Sehingga dengan pemeriksaan kali ini maka tindak pidana terkait  yang terjadi semakin terang dan tersangka bisa ditetapkan dan diumumkan ke publik," tuturnya. 

Lebih lanjut, Yudi mengatakan, bahwa publik mendukung Polda Metro Jaya mengusut tuntas kasus ini dan juga menanti siapa tersangka dari dugaan kasus pemerasan yang dilakukan oleh pimpinan KPK terhadap SYL. 

"Hal ini penting agar pemberantasan korupsi tidak dinodai oleh orang orang yang berusaha mengambil keuntungan pribadi dari upaya penegakan hukum," kata Yudi.

Diketahui, Firli terkonfirmasi sudah tiba di Bareskrim Polri memenuhi panggilan penyidik gabungan terkait dugaan pemerasan ini. 

Lagi-lagi kehadiran Firli di gedung Bareskrim Polri tanpa diketahui oleh awak media yang sudah menunggu kedatangannya sejak pagi.

"Saat ini sudah hadir dan dalam proses dimintai keterangan di Lantai 6 Ruang Pemeriksaan Ditipidkor,” ujar Wakil Direktur Tindak Pidana Korupsi (Wadirtipidkor) Bareskrim Polri, Kombes Arief Adiharsa.sinpo

Komentar: