Masuk Musim Hujan, Wapres Ma'ruf Amin Ingatkan Kolaborasi Mitigasi Bencana

Laporan: Khaerul Anam
Kamis, 16 November 2023 | 18:37 WIB
Wapres Ma'ruf Amin. (SinPo.id/Setwapres)
Wapres Ma'ruf Amin. (SinPo.id/Setwapres)

SinPo.id - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin meminta semua pihak, khususnya pemerintah pusat dan daerah bersama-sama melakukan antisipasi dan mitigasi dini dalam memasuki musim hujan di akhir tahun 2023. 

Hal ini untuk mengantisipasi terjadinya bencana yang mungkin terjadi seperti banjir hingga longsor. Sebab, beberapa wilayah di Indonesia sudah mendapatkan curah hujan tinggi. 

“Harus kita siapkan (mitigasi bencana) dan antisipasi,” kata Ma'ruf Amin melalui keterangan persnya yang diterima, Kamis, 16 November 2023.

Ma'ruf Amin memerintahkan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk terus mengawal implementasi mitigasi bencana dan kesiapan petugas di lapangan dalam menghadapi musim hujan ini.

“Pemerintah pusat juga BNPB saya minta juga sudah memetakan daerah-daerah rawan banjir, rawan longsor yang memang biasa terjadi di musim hujan,” ujarnya.

Selain itu, pemerintah daerah juga dihimbau agar melakukan persiapan dalam hal literasi bencana, hingga penyediaan saluran air yang baik dan memadai.

“Kemudian juga pemerintah daerah, harus menyiapkan juga menyangkut masalah saluran-saluran, sungai-sungai, dan tanggul-tanggul itu, jangan sampai ada tanggul jebol lagi. Kemudian juga warning (peringatan) kepada masyarakat yang tadi, daerahnya sering ada longsor,” paparnya.

Lebih lanjut, Maruf Amin menambahkan, masyarakat juga diharapkan dapat melakukan antisipasi datangnya musim hujan. Menurutnya, masyarakat sebagai garda pertama dalam penanggulangan terjadinya bencana banjir dan longsor.

“Masyarakat harus siap. Apalagi yang biasa kena banjir, atau kena longsor, itu sudah harus bersiap-siap untuk mengantisipasi segala kemungkinan. Jadi masyarakat sendiri yang sudah paham, wah ini ada ini (potensi banjir dan longsor), kita harus siap-siap,” tandasnya.sinpo

Komentar: