DPR Minta BLT Bagi Masyarakat Terdampak El Nino Disalurkan Tepat Sasaran

Laporan: Galuh Ratnatika
Kamis, 16 November 2023 | 23:05 WIB
Ketua DPR RI Puan Maharani (SinPo.id/ Galuh Ratnatika)
Ketua DPR RI Puan Maharani (SinPo.id/ Galuh Ratnatika)

SinPo.id - Ketua DPR RI, Puan Maharani, meminta agar program Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang diberikan oleh pemerintah kepada masyarakat terdampak El Nino, dapat disalurkan secara tepat sasaran untuk mereka yang benar-benar membutuhkan.

"DPR mendukung upaya Pemerintah untuk memberikan bantuan kepada masyarakat yang terdampak El Nino, dengan syarat BLT tepat sasaran dan prosesnya dilakukan dengan kebijakan yang bijaksana, adil, dan terencana," kata Puan dalam keterangan persnya, Kamis 16 November 2023.

Ia juga meminta Pemerintah untuk melakukan update data penerima bantuan sosial, agar masyarakat yang benar-benar terdampak badai El Nino akan memperoleh haknya. Jangan sampai masyarakat yang yang justru terdampak badai El Nino malah tidak mendapat bantuan karena ketidakakuratan data.

"Mereka seperti petani yang mengalami gagal panen dan masyarakat di daerah yang mengalami krisis air bersih karena musim kemarau harus menjadi perhatian pemerintah," terangnya.

Oleh karena itu, Puan mengingatkan Pemerintah untuk jeli melakukan pemantauan, evaluasi, dan perbaikan apabila ada kekurangan selama proses penyaluran.

Karena pendekatan yang bijaksana dan terencana untuk memastikan keadilan bagi penerima manfaat sangatlah penting.

"DPR mendorong program dilakukan secara optimal, dengan mencakup pemahaman mendalam terhadap dampak di berbagai wilayah dan identifikasi prioritas berdasarkan tingkat kerentanan," kata Puan.sinpo

Komentar: