Polisi Tangkap Belasan Pengunjuk Rasa Anti Israel di San Francisco

Laporan: Galuh Ratnatika
Jumat, 17 November 2023 | 08:52 WIB
Foto: Reuters
Foto: Reuters

SinPo.id -  Ratusan polisi berkumpul dan menangkap para demonstran anti-Israel yang berunjuk rasa di atas jembatan teluk menuju San Francisco. Pasalnya, aksi unjuk rasa tersebut dilakukan ketika San Francisco menjadi tuan rumah forum Kerjasama Ekonomi Asia Pasifik (APEC).

Dalam aksinya, para pengunjuk rasa menyerukan gencatan senjata dalam perang Israel-Hamas dan mengibarkan kain bertuliskan "Hentikan Genosida" dan "Jangan Ada Bantuan Militer AS untuk Israel", ketika mereka memblokir rute utama menuju kota tersebut.

Bahkan saat ditangkap, Para pengunjuk rasa terus meneriakkan “Palestina merdeka, merdeka” dan “Palestina akan merdeka”. Kemudian petugas mengeluarkan perintah pembubaran, dan mengerahkan truk derek di jembatan untuk memindahkan mobil-mobil yang digunakan para pengunjuk rasa.

Melansir Reuters, aksi unjuk rasa di jembatan tersebut dilakukan ketika Presiden Joe Biden dan Presiden Tiongkok Xi Jinping dijadwalkan bertemu di sela-sela KTT APEC. Mereka berusaha mendesak Biden untuk menyerukan gencatan senjata dalam perang Israel-Gaza.

Menurut laporan dari media setempat, total para pengunjuk rasa yang berkumpul di jembatan mencapai 200 orang. Adapun beberapa kelompok yang ikut berpartisipasi dalam demonstrasi tersebut, di antaranya Gerakan Pemuda Palestina dan Solidaritas Palestina Bay Area.sinpo

Komentar: