Jokowi Pidato di Forum CEO APEC, Ajak Berinvestasi di Indonesia

Laporan: Khaerul Anam
Jumat, 17 November 2023 | 08:53 WIB
Foto : Jokowi Pidato di Forum CEO APEC /setpres
Foto : Jokowi Pidato di Forum CEO APEC /setpres

SinPo.id -  Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri KTT CEO APEC Summit 2023, di San Fransisco, Amerika Serikat (AS). KTT ini dihadiri oleh CEO perusahaan, pengusaha, dan pemimpin negara kawasan Asia Pasifik.

Dalam kesempatan itu, Jokowi mengajak  para CEO agar lebih agresif dan cepat memanfaatkan peluang untuk berinvestasi di Indonesia

"Ini adalah waktu yang tepat untuk berinvestasi di Indonesia," kata Jokowi dalam pidatonya yang diunggah Sekretariat Presiden, Jumat, 17 November 2023.

Jokowi mengatakan, Indonesia merupakan pilihan yang tepat dan menjanjikan bagi para investor untuk berinvestasi. Sebab, banyak sektor prioritas di Indonesia yang dapat dimanfaatkan sebagai peluang investasi.

"Hal itu karena pertumbuhan ekonomi Indonesia yang diprediksi akan tumbuh dengan baik serta sejumlah potensi ekonomi yang melimpah di Tanah Air," ujarnya.

Mantan Walikota Solo itu memaparkan, IMF memprediksi ekonomi Indonesia akan tumbuh mencapai 5 persen di tahun 2023 dan di tahun 2024 diperkirakan 5,1 persen.

Selain memiliki potensi yang besar, dimulai dari sumber daya alam hingga sumber daya manusia, Indonesia juga memiliki komitmen yang kuat untuk menciptakan iklim investasi yang kondusif dan kompetitif.

Jokowi pun memaparkan, sejumlah sektor prioritas yang dimiliki Indonesia dan dapat menjadi peluang investasi bagi para investor. Salah satunya seperti hilirisasi industri.

Menurutnya, sebagai negara dengan cadangan nikel terbesar, Indonesia sedang membangun ekosistem kendaraan listrik terintegrasi, dengan target dapat memproduksi 600 ribu mobil listrik pada 2030.

"Beragam insentif dan fasilitas telah disiapkan dan saya berharap pebisnis APEC dapat mengambil bagian besar di sektor ini," tandasnya.

 sinpo

Komentar: