Presiden Jokowi Akui Belum Ada Investor Asing Investasi di IKN

Laporan: Khaerul Anam
Jumat, 17 November 2023 | 11:00 WIB
Presiden Joko Widodo atau biasa disapa Jokowi  (SinPo.id/Stpres)
Presiden Joko Widodo atau biasa disapa Jokowi (SinPo.id/Stpres)

SinPo.id -  Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengakui belum ada satu pun investasi dari luar negeri yang masuk di proyek Ibu Kota Nusantara (IKN) Kalimantan Timur. Saat ini baru investor dalam negeri berinvestasi di IKN.

"Sampai saat ini (investasi asing) belum ada. Tapi saya yakin bahwa setelah investor di dalam negeri bergerak, semakin banyak setiap bulannya, investor dari luar akan segera masuk,” ujar Jokowi di Sekretariat Presiden, Jumat, 17 November 2023.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menegaskan, pemerintah akan memprioritaskan investasi asing di beberapa sektor pada tahap awal pembangunan IKN. "(Sektor) pendidikan, kesehatan, juga teknologi," ujar Jokowi menambahkan.

Dalam pidatonya di forum APEC CEO Summit, Jokowi memaparkan sejumlah sektor prioritas di Indonesia yang dapat menjadi peluang investasi bagi para investor. Di antaranta sektor hilirisasi industri, transisi energi dan energi hijau, serta pembangunan IKN.

Selain itu, Jokowi juga mengatakan kondisi pertumbuhan perekonomian di Indonesia tahun ini yang diperkirakan bakal di atas 5 persen.

"Tahun depan juga insya Allah di atas 5 sedikit. Dan juga inflasi yang masih terkendali antara 2-3 persen. Dan yang paling penting juga stabilitas politiknya juga baik baik saja. Itu yang terus-menerus akan kita sampaikan," kata Jokowi menjelaskan.sinpo

Komentar: