ICW Minta Polisi Segera Tetapkan Firli Tersangka

Laporan: david
Jumat, 17 November 2023 | 13:07 WIB
Indonesia Corruption Watch  (Sinpo.id/Ist)
Indonesia Corruption Watch (Sinpo.id/Ist)

SinPo.id -  Indonesia Corruption Watch (ICW) minta agar Polda Metro Jaya segera melakukan gelar perkara dan menentukan tersangka dalam kasus dugaan pemerasan dilakukan Ketua KPK Firli bahuri terhadap mantan Mentan Syahrul Yasin Linpo. Penyidik Polda Metro Jaya dinilai sudah punya bukti permulaan yang cukup untuk menentukan tersangka dalam kasus pemerasan itu.

" Padahal, bukti sudah banyak dikumpulkan, upaya paksa seperti penggeledahan dan penyitaan pun telah dilakukan, bahkan puluhan saksi dan beberapa orang ahli turut dimintai keterangannya oleh penyidik," kata Peneliti ICW, Kurnia Ramadhana, Jum’at 17 November 2023.

Kurnia menilai dengan beragam tindakan yang telah diambil Polda, semestinya tidak lagi sulit untuk menemukan tersangka. Sedangkan permintaan koordinasi supervisi yang dilakukan Polda Metro Jaya terhadap KPK juga janggal.

“Berdasarkan peraturan perundang-undangan tidak ada kewajiban hukum bagi kepolisian untuk berkonsultasi dengan KPK,” ujar Kurnia menjelaskan.

Apalagi, kata Kurnia terduga pelaku merupakan pimpinan lembaga antirasuah itu. Sehingga supervisi itu akan menuai problematika. “Terutama mengenai konflik kepentingan jika kemudian Firli dilibatkan dalam proses tersebut,” katanya.sinpo

Komentar: