DPR Dukung Peremajaan Alutsista TNI, Salah Satunya Pesawat Tempur

Laporan: Galuh Ratnatika
Jumat, 17 November 2023 | 16:28 WIB
Ilustrasi. Pesawat tempur F16 Fighting Falcon (Ashar/SinPo.id)
Ilustrasi. Pesawat tempur F16 Fighting Falcon (Ashar/SinPo.id)

SinPo.id - Ketua DPR RI, Puan Maharani, menyoroti pentingnya negara memperkuat sistem pertahanan militer, termasuk pesawat tempur. Karena penguatan alat utama sistem pertahanan (alutsista) akan memastikan TNI memiliki sarana yang optimal dalam menjaga keamanan dan pertahanan Indonesia.

Menurutnya, modernisasi alutsista harus dilakukan, agar peristiwa jatuhnya dua pesawat tempur Super Tucano yang menewaskan empat perwira TNI Angkatan Udara (TNI AU) saat sedang latihan, tidak lagi terulang.

“DPR terus mendukung modernisasi atau peremajaan alutsista TNI, salah satunya adalah pesawat tempur. Ini juga sejalan dengan target capaian minimum essential force (MEF) atau kekuatan pokok minimal pertahanan negara,” kata Puan dalam keterangan persnya, Jumat 17 November 2023.

Meskipun belum diketahui secara pasti penyebab kecelakaan dua pesawat Super Tucano yang jatuh saat cuaca buruk tersebut, modernisasi Alutsista dinilai multak harus dilakukan. Pasalnya, Alutsista menjadi salah satu faktor kuatnya pertahanan negara.

“Dukungan penuh dari Pemerintah bersama DPR dan dukungan dari seluruh elemen bangsa dapat menjadikan TNI semakin lebih kuat dan tangguh untuk menjaga kedaulatan Indonesia. Sehingga para prajurit TNI sebagai penjaga pertahanan negara dapat melaksanakan tugasnya dengan maksimal,” terangnya.

Seperti diketahui, Pesawat Super Tucano yang merupakan pesawat latih lanjut dengan kemampuan COIN (Counter Insurgency) atau pesawat anti perang gerilya memang memiliki peran strategis dalam menjaga keamanan dan pertahanan negara. 

Sebelum mengalami kecelakaan, dua pesawat tempur tersebut sedang menjalani latihan profisiensi formasi yang sebenarnya sudah biasa dilakukan oleh penerbang TNI AU, bersama dengan dua pesawat lainnya yang berhasil kembali mendarat.sinpo

Komentar: