Jokowi Tekankan Tiga Fokus Kerja Sama APEC Hadapi Perubahan Iklim

Laporan: Khaerul Anam
Sabtu, 18 November 2023 | 09:51 WIB
Presiden Jokowi di Forum APEC Economic Leaders (SinPo.id/ Setpres)
Presiden Jokowi di Forum APEC Economic Leaders (SinPo.id/ Setpres)

SinPo.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menekankan tiga hal penting yang harus menjadi fokus kerja sama APEC dalam menghadapi isu perubahan iklim.

Pertama, Jokowi menuturkan bahwa APEC harus mewujudkan transisi energi yang berkeadilan, kolaborasi yang setara, saling menguntungkan, dan sejalan dengan dokumen Bangkok tentang BCG Economy dan Prinsip Transisi Energi yang adil.

“Dalam kaitan ini, Indonesia telah meluncurkan kolaborasi pengembangan ekosistem EV antara pemerintah, BUMN, serta swasta. Dan ASEAN tahun ini juga telah sepakati komitmen pengembangan ekosistem EV regional,” kata Jokowi dalam keterangan persnya, dikutip Sabtu, 18 November 2023.

Jokowi menjelaskan, fokus kedua adalah bahwa APEC harus memastikan akses setiap ekonomi pada teknologi hijau yang terjangkau, berkelanjutan, dan modern. Menurutnya, hal tersebut dapat dilakukan melalui transfer teknologi, pembangunan kapasitas, dan akses terhadap mineral kritis.

“APEC harus dorong kerja sama yang menjamin kelancaran rantai pasok, termasuk investasi pengembangan mineral kritis. Dan Indonesia ingin jalin kerja sama investasi pengelolaan cadangan nikel untuk ekosistem baterai EV untuk memastikan energi bersih tersedia bagi semua sesuai prinsip no one left behind,” ujarnya.

Ketiga, mantan Walikota Solo itu mengatakan bahwa APEC harus mendorong mekanisme pembiayaan inovatif melalui sinergi dan kemitraan yang melibatkan partisipasi swasta serta dukungan lembaga keuangan internasional.

“Skema JETP ( Just Energy Transition Partnership) dan Energy Transition Mechanism dapat jadi model yang dapat diperluas jangkauannya,” tandasnya.sinpo

Komentar: