Pengamanan Pemilu, Polda Papua Tempatkan Satu Regu Brimob di Wilayah Rawan

Laporan: Tri Setyo Nugroho
Sabtu, 18 November 2023 | 10:15 WIB
Kapolda Papua, Irjen Pol Mathius D. Fakhiri (SinPo.id/ NTMC Polri)
Kapolda Papua, Irjen Pol Mathius D. Fakhiri (SinPo.id/ NTMC Polri)

SinPo.id - Kapolda Papua, Irjen Pol Mathius D. Fakhiri mengatakan, pihaknya akan menempatkan satu regu Brimob di wilayah rawan saat pelaksanaan Pemilu serentak 2024.

“Satu regu anggota Brimob itu nantinya akan ditugaskan mengamankan pelaksanaan pemilu,” ujar Mathius dikutip dari laman NTMC Polri, Sabtu, 18 November 2023.

Selain itu, kata Mathius, pihaknya juga akan memperkuat dengan menempatkan personel Brimob di tiga ibu kota daerah otonomi baru (DOB) yakni Wamena yang merupakan ibu kota Provinsi Papua Pegunungan, Nabire ibu kota Papua Tengah dan Merauke, ibu kota Papua Selatan. Anggota Polri juga akan ditempatkan di Timika dan Jayapura serta Nabire yang berasal dari Brimob Pelopor 3 Timika.

Dengan ditempatkannya pasukan di ibu kota provinsi baru diharapkan selain mempermudah saat pergeseran pasukan juga memperkuat pengamanan di wilayah itu.

“Ekskalasi saat pemilu terutama Pemilukada diperkirakan meningkat sehingga dengan keberadaan personel Brimob yang dibantu TNI diharapkan dapat membantu mengatasinya,” ujarnya.

Mathius menuturkan penempatan personel Brimob itu selain berasal dari kesatuan di daerah tetapi juga penugasan.

Untuk Brimob penugasan akan tidak ditempatkan langsung berhadapan dengan masyarakat karena dikhawatirkan timbul provokasi. Sehingga nantinya anggota Brimob Polda Papua yang akan berinteraksi langsung dengan warga.

“Kebijakan itu sudah diberitahukan ke Karo Ops Polda Papua karena mereka akan dipersiapkan sebagai pasukan PHH,” tutupnya.sinpo

Komentar: