Kondisi Terkini Luhut Sudah Membaik Tapi Belum Bisa Pulang Ke Indonesia

Laporan: Khaerul Anam
Sabtu, 18 November 2023 | 19:17 WIB
Luhut Binsar Panjaitan (Sinpo.id/Tangkapan Layar Instagram)
Luhut Binsar Panjaitan (Sinpo.id/Tangkapan Layar Instagram)

SinPo.id -  Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan, menjelaskan kondisi terbarunya usai menjalani perawatan di General Hospital Singapore.

Luhut mengaku kondisinya sudah mulai membaik. Ia juga menyebut sudah melakukan kegiatan-kegiatan ringan seperti berjalan kaki dan angkat beban.

"Saya sudah tiap hari jalan sekarang, ya bertahap 1,2 kilometer, 2 kilometer, saya tadi udah mulai angkat beban dikit, sudah mulai sedikit plank, walaupun baru 15 detik," kata Luhut melalui kiriman video di akun Instagram pribadinya, Sabtu, 18 November 2023.

Dengan kondisinya saat ini, Luhut mengaku sudah dapat memantau pekerjaan dari Singapura. Namun, ia tidak memberikan banyak arahan, karena menurutnya anak buahnya sangat kompeten dalam melaksanakan tugas.

“Ya sudah sangat bisa, gak ada masalah. Dan juga arahan apa sih? Anak buah saya paten-paten itu kok, sudah jago-jago kok itu,” ujarnya.

Lebih lanjut, Luhut juga bercerita bahwa dirinya sudah diperbolehkan keluar dari rumah sakit. Namun begitu, Luhut belum diperbolehkan untuk pulang ke Indonesia.

"Belum bisa pulang ke tanah air karena masih menjalani rawat jalan guna memastikan kondisi saya pulih sepenuhnya," ujarnya.

Selain itu, Luhut juga menyinggung soal warna rambutnya yang sudah berwarna putih sewaktu dalam masa perawatan.

"Tidak banyak perbedaan dari kondisi sebelum dan pasca-sakit saya rasakan, yang beda hanya warna rambut saja perlu di semir ulang. Warna rambut yang berbeda ini barangkali sebuah isyarat bahwa sudah serindu itu saya dengan suasana di Indonesia," tandasnya.
sinpo

Komentar: