IKN Ditargetkan Jadi Green City, PLN Siapkan Infrastruktur Kelistrikan Berbasis Energi Hijau

Laporan: Galuh Ratnatika
Minggu, 19 November 2023 | 23:42 WIB
Ilustrasi IKN (SinPo.id/ Instagram)
Ilustrasi IKN (SinPo.id/ Instagram)

SinPo.id - Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo mengatakan, PLN akan mendukung keseriusan pemerintah untuk membangun Ibu Kota Nusantara (IKN) dengan konsep kota hutan atau forest city yang pintar, hijau, indah dan ramah lingkungan.

Hal itu sejalan dengan amanat Presiden RI Joko Widodo yang ingin membuat IKN menjadi green city, dan meminta penghuni IKN nantinya 100 persen wajib menggunakan kendaraan listrik.

"Komitmen PLN menghadirkan listrik yang tidak hanya andal untuk Ibu Kota baru, tetapi juga bersih sejalan dengan target Net Zero Emissions 2060 dalam rangka memanfaatkan potensi energi bersih di Indonesia demi kemakmuran rakyat yang sebesar-besarnya," kata Darmawan, Minggu 19 November 2023.

Rencananya, PLN akan membangun 19 tambahan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN pada 2024, dan memastikan SPKLU tersedia di kota-kota penyangga IKN, seperti di Balikpapan dan Samarinda.

Tidak hanya SPKLU, PLN juga akan menyiapkan Stasiun Penukaran Baterai Kendaraam Listrik Umum (SPBKLU), maupun Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU) di IKN dan kota sekitar IKN.

"Karena IKN ini akan menjadi kota yang futuristik, di mana semua moda transportasi yang digunakan harus ramah lingkungan, maka kami siap mendukung kebutuhan infrastruktur untuk pengisian daya kendaraan listrik,” terangnya.

Lebih lanjut, kata Darmawan, kelistrikan di IKN Nusantara akan didukung oleh pembangkit listrik dari sumber energi baru dan terbarukan yaitu Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) 50 MW yang telah di-groundbreaking pada awal November lalu oleh Presiden Jokowi.sinpo

Komentar: