TNI Naikkan Pangkat Prajurit Korban Kecelakaan Pesawat Super Tucano

VDR/NCDC sudah ditemukan, saat ini berada di Lanud Abdulrachman Saleh

Laporan: Sinpo
Minggu, 19 November 2023 | 22:10 WIB
Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono saat berkunjung ke kediaman empat prajurit korban kecelakaan TNI AU  Super Tucano. (SinPo.id/TNI dok)
Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono saat berkunjung ke kediaman empat prajurit korban kecelakaan TNI AU Super Tucano. (SinPo.id/TNI dok)

SinPo.id -  Empat prajurit TNI AU yang menjadi korban kecelakaan pesawat Super Tucano mendapatkan kenaikan pangkat luar biasa dengan menaikan pangkatnya satu tingkat lebih tinggi.

Keempat prajurit yaitu Marsma TNI (Anumerta) Widiono Hadiwijaya, S.A.P., M.Si, Marsma TNI (Anumerta) Subhan, S.T., M.A.P., Letkol Pnb (Anumerta) Yuda Anggara Seta, dan Kolonel Pnb (Anumerta) Sandhra Gunawan, S.Sos., M.I.Pol, selama berdinas di TNI AU.

“Kanaikan pangkat ini untuk menghormati jasa-jasa mereka yang gugur saat menjalankan tugas,” ujar Kepala pusat penerangan TNI Laksda Julius Widjojono dalam peryataan resmi, Minggu 19 November 2023.

Selain perhatian kepada korban, Julius juga mengatakan Voice and Data Recorder / Network Centric Data Cartridge (VDR/NCDC) dari Super Tucano sudah ditemukan, saat ini berada di Lanud Abdulrachman Saleh.

“Selanjutnya akan  dilaksanakan proses pembacaan dan analisa data untuk mengetahui penyebab jatuhnya dua pesawat tersebut,” ujar Julius menjelaskan.

Tercatat panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono telah berkunjung ke kediaman empat prajurit terbaik TNI AU yang gugur dalam kecelakaan Super Tucano. Panglima menyampaikan bela sungkawa dan kebanggaanya atas dharma bakti para prajurit.

“Kunjungan Panglima TNI ini sebagai wujud perhatian yang tulus ikhlas dan penghormatan terakhir kepada para prajurit yang telah berkorban jiwa raga demi tugas negara,” tulis pernyataan resmi dari Mabes TNI.

Panglima TNI bersama Kasau berkesempatan juga  melakukan takziah ke rumah duka  untuk memberikan dukungan moril kepada keluarga yang ditinggalkan dan menyanpaikan rasa belasungkawa mendalam, selain itu berkesempatan untuk berdoa bersama dengan keluarga yang ditinggalkan.sinpo

Komentar: