Parlemen MIKTA Sepakat Berkomitmen Perjuangkan Perdamaian dan Keamanan

Laporan: Juven Martua Sitompul
Senin, 20 November 2023 | 20:48 WIB
Ketua DPR RI Puan Maharani (SinPo.id/ Dok. DPR)
Ketua DPR RI Puan Maharani (SinPo.id/ Dok. DPR)

SinPo.id - Pertemuan Ketua Parlemen anggota Meksiko, Indonesia, Korea Selatan, Turki, dan Australia (MIKTA) telah rampung. Para anggota MIKTA sepakat berkomitmen memperjuangankan perdamaian dan keamanan demi mewujdkan pembangunan masing-masing negara.

"Kami baru saja menyelesaikan sidang ke-9 MIKTA Speakers' Consultation dan berjalan dengan lancar," kata Ketua DPR RI Puan Maharani saat jumpa pers di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin, 20 November 2023.

Selain itu, kata Puan, disepakati beberapa poin lain dalam pertemuan bilateral tersebut. Negara-negara anggota MIKTA berkomitmen memperkuat multilateralisme untik merespons berbagai tantangan global.

MIKTA juga sepakat mempererat diplomasi Parlemen sebagai salah satu upaya membangun rasa saling percaya.

"Kami juga berbicara terkait tata kelola global, di mana sistem multilateral yang ada saat ini sudah tidak sesuai dengan realitas abad ke-21. Sehingga, sistem multilateral yang ada sekarang sudah saatnya untuk bisa diganti isinya sesuai dengan abad 21," kata Puan.

Sebagai forum antaranegara berkekuatan menengah atau middle power, MIKTA diharapkan dapat memfasilitasi dialog dan membangun jembatan antara negara maju dengan negara berkembang.

"Kami berbicara terkait dengan kritis yang terjadi di Palestina. Kami menyampaikan keprihatinan serta mendorong penyelesaian secara damai dan perlunya gencatan senjata segera dilakukan," kata Puan.

Puan menyatakan MIKTA juga berkomitmen terhadap masalah perubahan iklim yang harus ditangani dengan tindakan. Hal ini penting supaya generasi di masa datang tidak merasakan dampaknya atau menjadi lebih buruk daripada sekarang.

"Sidang MIKTA juga menghasilkan komitmen parlemen anggota MIKTA, dengan mendukung terciptanya dunia damai bagi generasi sekarang dan mendatang," ujar Puan.

Terakhir, Puan berharap Meksiko sebagai tuan rumah sidang ke-10 MIKTA Speakers' Consultation tahun 2024 dapat melanjutkan berbagai kesepakatan yang telah dilaksanakan sekarang.sinpo

Komentar: