Bedah Peta Politik di Titik Hotspot Pilpres 2024, Prabowo-Gibran Unggul

Laporan: Juven Martua Sitompul
Kamis, 23 November 2023 | 11:15 WIB
Ilustrasi (Sinpo.id)
Ilustrasi (Sinpo.id)

SinPo.id -  Partai Gelombang Rakyat (Gelora), mengaku tengah membedah peta kekuatan politik tiga pasangan capres dan cawapres di  Pilpres 2024. Titik-titik hotspot peta kekuatan yang dibedah akan menentukan kemenangan pada kontestasi politik lima tahunan tersebut.

Titik itu antara lain Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat, dan DKI Jakarta. Keempat wilayah itu menjadi lumbung suara pemilih pada Pilpres 2024.

"Hari ini kita membedah Jawa Tengah, berikutnya Jawa Timur, Jawa Barat dan seterusnya. Wilayah tersebut, menjadi titik hotspot, titik-titik panas kontestasi yang akan menentukan Pilpres 2024," kata Sekjen Partai Gelora, Mahfuz Sidik, kepada wartawan di Jakarta, Kamis, 23 November 2023.

Mahfuz mengatakan di Jawa Tengah peta kekuatan politiknya masih didominasi pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD dan mesin politik PDIP.

Namun, kehadiran Gibran Rakabuming Raka sebagai cawapres Prabowo Subianto setidaknya mulai membawa perubahan peta politik.

"Gibran yang dianggap mewakili basis massa Pak Jokowi di Pipres 2019, akan berhadap-hadapan dengan basis mesin PDIP dan ketokohan Ganjar. Ini sejauh mana pengaruhnya," ujar Mahfuz.

Sementara untuk kekuatan politik di wilayah lainnya di Pulau Jawa, kata dia, tentu akan memiliki peta kontestasi yang berbeda.

Namun, hasil akhirnya tetap menentukan suara kemenangan di Pilpres 2024.

"Tetapi ketika menyimak dari beberapa lembaga survei, ada tren peningkatan elektablitas pasangan Prabowo-Gibran. Sebaliknya pasangan Ganjar-Mahfud dalam beberapa hari terakhir mengalami tren penurunan," tuturnya.

Sebagai orang lapangan, Mahfuz mengaku paham banyaknya variabel yang memengaruhi fluktuasi elektabilitas seorang kandidat seperti instrumen teritorial dan kekuatan mesin politik partai.

"Jadi untuk memenangkan Pilpres ini, bukan hanya aspek komunikasi atau permainan opini saja, tapi banyak variabel yang mempengaruhi fluktuasi elektabilitas pasangan calon. Ini semua yang akan menentukan hasil akhir,"  katanya.sinpo

Komentar: