Hadapi Musim Hujan, BPBD DKI Lakukan Mitigasi Bencana di Jakarta

Laporan: Khaerul Anam
Kamis, 23 November 2023 | 19:54 WIB
BPBD DKI Jakarta telah menyiapkan serangkaian upaya kesiapsiagaan dalam menghadapi musim hujan. (SinPo.id/BPBD DKI Jakarta)
BPBD DKI Jakarta telah menyiapkan serangkaian upaya kesiapsiagaan dalam menghadapi musim hujan. (SinPo.id/BPBD DKI Jakarta)

SinPo.id - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta telah menyiapkan serangkaian upaya kesiapsiagaan dalam menghadapi musim hujan. Kepala BPBD DKI Jakarta, Isnawa Adji mengatakan pihaknya telah menyiagakan sebanyak 267 personel tim reaksi cepat (TRC) penanggulangan bencana pada setiap kelurahan di Jakarta.

"(Hal ini) sebagai upaya percepatan koordinasi dan penanganan bencana, pengecekan sarana prasarana yang meliputi tenda, perahu, ring buoys, jaket, pelampung, melakukan apel siaga bencana dan simulasi pendirian tenda di 25 kelurahan rawan banjir serta 65 kelurahan yang berpotensi rawan banjir," kata Isnawa dalam keterangan tertulisnya, Kamis, 23 November 2023.

Isnawa menjelaskan, BPBD DKI juga membuka ruang partisipasi warga dalam upaya pencegahan bencana banjir melalui Forum Pengurangan Risiko Bencana (PRB) yang terdiri dari lembaga dan institusi penanggulangan bencana lintas sektor.

Selain itu, Isnawa juga meminta warga Jakarta bersiap dan siaga menghadapi potensi terjadinya bencana hidrometeorologis seperti banjir, longsor dan angin kencang.

"Kemudian, turut berperan serta melakukan upaya mitigasi secara mandiri di lingkungan masing-masing," ujarnya.

Isnawa menambahkan, upaya yang dapat dilakukan secara mandiri di antaranya tidak membuang sampah sembarangan, menyiapkan tas siaga bencana, memperbarui informasi seputar cuaca terkini melalui kanal media sosial dan situs web BPBD.

Kemudian pengecekan kondisi saluran air, memperhatikan kondisi tanah dan pohon di sekitar lingkungan masing-masing dan segera melaporkan bila menemukan atau mengalami keadaan darurat melalui Call Center Jakarta Siaga 112 selama 24 jam.

“Atau bisa melapor melalui aplikasi JAKI pada fitur JakLapor," tandasnya.sinpo

Komentar: